Unsplash
Tips Membuat Desain Logo sesuai Ciri Khas Perusahaan
Logo merupakan kombinasi teks dan gambar atau hanya berupa ilustrasi yang menjadi ciri khas suatu produk atau jasa. Setiap produk atau jasa tentu memiliki logo yang menjadi merek atau bentuk identitas produk atau jasa. Selain itu, meskipun terlihat sederhana penggunaan logo yang unik dan beda dari yang lain bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa.
Logo yang unik dan beda akan memudahkan masyarakat yang berpotensi sebagai pelanggan untuk mengingat produk atau perusahaanmu. Sehingga ketika suatu saat mereka membutuhkan produk atau jasa, mereka langsung teringat dengan produk dan jasa yang kamu tawarkan. Untuk itu, pembuatan desain logo tak bisa dilakukan sembarang.
Saat membuat logo harus memiliki kaitan atau desain yang dapat merepresentasikan nilai-nilai sebuah bisnis. Selain itu, para jasa desain logo perlu memastikan logo yang tercipta bisa terlihat lebih unik dan beda dari kompetitor atau perusahan lainnya. Nah jika kamu tak bisa membuat desain sendiri, kamu bisa menggunakan jasa desain grafis yang menyediakan layanan ini.
Baca juga: Kisaran Harga Jasa Desain Grafis sesuai dengan Jenis Layanannya
Yuk simak dulu tips membuat logo produk atau usaha berikut ini:
-
Merancang desain yang simpel
Saat mendengar produk Apple atau Nike tentu yang terbayang adalah logo yang minimalis namun berkesan dan mudah diingat. Pemikiran tersebut terbentuk karena logo mereka yang simpel dan tidak repot. Rancangan desain yang simpel akan memberikan kesan brand yang berkelas kuat. Bahkan, rancangan desain yang simpel akan memberikan karakter pada logo, membuatnya terlihat unik, dan memberikan makna yang filosofis lebih dalam.
-
Logo yang mudah dikenal
Logo yang sukses adalah logo yang mudah dikenali dan unik untuk sebuah brand. Meskipun prosesnya terbilang sulit, simbol atau gambar ini dapat kamu buat dengan kreatif dan sentuhan yang sedikit agar terlihat beda dan unik. Selain itu, untuk membuat logo yang mudah dikenali kamu bisa memadukan warna dan menciptakan lgoo yang serupa dengan nama brand. Seperti misalnya Apple yang menggunakan desain dari buah apel dan warna hitam putih.
-
Siapkan makna pada elemen
Logo bukan hanya sekadar gambar yang tercetak dalam kartu nama atau produk tetapi juga menjadi penentu identitas brand yang memiliki fungsi lebih dari itu. Logo merupakan representasi sebuah brand yang memiliki kisah dan makna yang unik dibaliknya. Makna sebuah logo ini hadir dalam bentuk tersirat maupun tersurat. Berikan corak dan paduan warna pada setiap elemen logo. Tak perlu cerah, yang penting dapat memberikan kesan terhadap identitas brand.
Baca juga: Tips Memilih Jasa Desain Grafis yang Terpercaya dan Profesional
-
Menggunakan teknik visual double entendre
Double entendre merupakan istilah yang digunakan untuk saat menjelaskan sebuah gambar yang memiliki dua makna. Trik ini biasa digunakan oleh pembuat desain yang membuat logo untuk perusahaan. Dikutip dari glints.com, desain visual double entendre ini akan memberikan kesan yang cerdas dan artistik pada logo. Rancangan bisa memberikan nama brand pada logo tanpa perlu mencantumkan sebuah teks. Dengan begitu logo akan lebih mudah diingat oleh pelanggan.
-
Menyesuaikan padanan warna
Tips yang berikutnya bisa kmau sesuaikan pembuatan logo dengan menyesuaikan padanan warna. Ada berbagai warna yang memiliki makna tersendiri dan bisa efektif untuk digunakan pada logo dan mampu mengomunikasikan nilai dan ide dari sebuah brand. Untuk itu, para desainer penyedia jasa desain grafis bisa menggunakan palet warna yang saling melengkapi. Padanan warna ini dapat digunakan dan tepat untuk membuat logo agar terlihat hidup dan realistis.
-
Menggunakan font custom
Selain memadukan gambar dan teks, berbentuk gambar saja, hingga tak sedikit adapula logo yang terbuat hanya terdiri dari susunana tulisan saja. Hal tersebut banyak digunakan karena sedang tren di kalangan desainer. Namun, untuk membuatnya terlihat unik dan kesan yang lebih personal, desainer dapat membuat font custom secara mandiri untuk mencegah dari font yang sama dengan perusahaan lain. Font yang kreatif dapat menyesuaikan dengan visi dan misi brand yang terlihat jauh lebih otentik.
-
Menggunakan logotype
Beberapa brand besar biasanya memilih untuk menggunakan nama brand sebagai logo mereka. Untuk itu, brand tersebut biasanya membuat logotype sebagai rancangan desain logo perusahaan. Logotype merupakan sebuah desain yang menempatkan nama brand sebagai fokus utama dalam rancangannya. Dikutip dari glints.com, menggunakan logotype menjadi tips yang bisa kamu gunakan saat membuat logo perusahaan. Desain ini dapat dengan segera mengaitkan nama brand dengan identitas logo dan tidak menyebabkan rasa bingung untuk pelanggan.
Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!
Mengapa harus Snapy?
- Service Guaranty
Apabila terjadi kesalahan cetak, maka pelanggan akan mendapatkan potongan sebesar 20% atau pembuatan produk ulang hingga benar.
- Bekerja sama dengan Gosend
Melayani pengiriman di hari yang sama, dikirim dari cabang terdekat dari lokasi pelanggan.
Dapatkan penawaran khusus jika berkunjung langsung di cabang terdekat Anda*
*Syarat dan ketentuan berlaku
Hubungi Whatsapp Snapy segera dan dapatkan penawaran harga menarik. Kamu juga bisa konsultasikan kebutuhan cetak, promosi, dan branding di Snapy!
Categories: Tips & Trick