Image
Google

Tips Membuat Desain Poster yang Bisa Menarik Perhatian Audiens

Poster merupakan media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar, atau kombinasi antara keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada audiens. Gunanya bisa dijadikan sebagai media promosi, edukasi, dekorasi, maupun informasi kepada masyarakat.

Poster dapat ditempatkan di tempat-tempat umum sebagai pengumuman atau iklan. Berhubung dijadikan sebagai media promosi dan informasi, maka poster harus dibuat bagus dengan sebaik mungkIn serta enak dipandang mata.

5 Tips Menghasilkan Poster Menarik Hati Audiens

Agar kamu bisa menghasilkan desain poster terbaik untuk iklan maupun promosi maka harus membuatnya dengan menarik. Namun harus tetap sesuai dengan tujuan pembuatannya dengan lakukan 5 tips berikut ini:

1. Tentukan Tema dan Tujuan

Pembuatan poster memiliki fungsi berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan masing-masing. Sebelum membuat sebuah poster, pastikan kamu sudah menentukan tema yang mendasarkan dari tujuan pembuatan terlebih dahulu.

Poster merupakan tujuan untuk memperkenalkan produk atau mengajak masyarakat untuk menggunakan, maka isi konten harus tentang produk tersebut. Temanya dapat disesuaikan dengan produk misalnya susu maka bisa membuat tema padang rumput dan sapi.

2. Buat Rumusan Pesan untuk Audiens

Perlu untuk kemudian merumuskan pesan yang ingin disampaikan kepada audiens sesuai tujuan yang ingin dicapai, karena poster tidak akan berguna apabila pesanan tidak bisa tersampaikan pada audiens.

3. Buat Kata-kata Menarik

Jika kata-kata di dalam poster membosankan maka tidak akan menarik bagi pembaca, misalnya terlalu panjang dan bertele-tele, akibatnya sebelum habis dibaca sudah ditinggalkan audiens. Dengan demikian maka pesan tidak akan bisa disampaikan dengan baik.

Kata-kata terbaik dalam poster merupakan hal wajib seperti padat, jelas, singkat, dan dapat diingat dengan cepat. Jadi walaupun audiens hanya melihat sepintas maka bisa langsung mengingat karena kata-katanya langsung mengena serta melekat dalam ingatan.

4. Kombinasikan Huruf, Warna, dan Tata Letak Desain

Pastikan ketikan membuat poster tampilannya nyaman dilihat, oleh sebab itu, ketika mengombinasikan huruf dengan warna serta gambar harus sangat diperhatikan, begitu juga tata letaknya sehingga terlihat menarik. Poster tidak dibuat secara asal namun harus dibuat dengan kaidah dan teori tertentu agar terlihat menarik. Jika tidak mau repot, kamu juga bisa menggunakan jasa desain poster untuk membuatnya.

5. Kalimat Pendek Lebih Baik

Poster merupakan fungsi menyampaikan pesan maupun informasi kepada audiens. Jika hal tersebut tidak dapat disampaikan maka secara fungsional tujuan penggunaannya akan gagal. Lalu bagaimana agar pesan bisa tersampaikan dengan baik? Gunakan kalimat pendek dan efektif karena audiens biasanya malas membaca kalimat panjang, jadi buatlah beberapa kalimat atau cukup satu kalimat mewakili pesan yang ingin disampaikan.

Proses pembuatan poster bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan berbagai aplikasi secara daring. Namun apabila ingin hasil lebih bagus, kamu bisa menyerahkan proses desain dan ide kreatif ke digital printing sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga.

Snapy merupakan jasa layanan percetakan yang menawarkan berbagai layanan cetak mulai dari poster, cetak foto, cetak mug, print kain hingga media besar seperti billboard. Kunjungi produk poster untuk melihat berbagai spesifikasi dan harga poster yang ditawarkan. Kamu bisa langsung datang ke cabang Snapy terdekat atau hubungi kami melalui Whatsapp!

Yuk, segera pesan dan cetak poster di Snapy!

Baca juga: Ketahui Fungsi Poster bagi Kebutuhan Bisnis Saat Ini

Categories: Tips & Trick


Cari Artikel

Popular Posts

1
2
3

Jenis-jenis Reklame Berdasarkan Kebutuhan

4
5

Jenis-jenis Buku Agenda Yang Perlu Diketahui

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234