Image
Pexels

Tak Hanya Menarik, Buat Ruangan menjadi Lebih Nyaman dengan Hiasan Dinding Kamar

Rumah yang tampak kosong tentu tidak akan terlihat menarik. Berbeda dari rumah yang di dalamnya terdapat hiasan dinding dan furnitur unik yang beda dari yang lain. Hiasan dinding kamar atau pajangan dinding merupakan salah satu komponen bermanfaat yang banyak dipakai untuk memperindah tampilan ruangan.

Ada berbagai barang dekorasi dinding yang bisa dipilih untuk mendekorasi ruanganmu. Bahannya punya cukup beragam. Seperti hiasan dinding dari kayu, hiasan dinding dari besi, dan beberapa bahan hiasan dinding lainnya.

Hiasan dinding ruang tamu yang menarik saat pertama kali dilihat tamu akan membuat mereka nyaman dan membuat suasana menjadi lebih hidup. Ruang tamu juga semakin indah ketika dilihat. Selain ruang tamu, beberapa ruangan lain juga bisa kamu dekor dinding dengan berbagai jenis hiasan lainnya. 

Lalu, bagaimana cara membuat hiasan dinding yang menarik di rumah dan bisa memberikan harmonisasi yang bagus? Yuk simak beberapa informasi lengkapnya di sini!

Baca juga: Manfaat Hiasan Dinding Kamar untuk Mempercantik Tampilan Tembok Rumah

Tips Membuat Hiasan Dinding yang Unik

Untuk menghias dinding rumah, kita bisa menggunakan berbagai bahan dan benda apa saja yang bisa terlihat indah ketika diletakkan di ruangan. Namun, dalam pemilihannya tidak bisa sembarangan. Diperlukan beberapa tips agar memberikan tampilan rumah yang tak hanya menarik tetapi nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Ini dia tipsnya:

Menentukan Tema Ruangan

Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah menentukan tema ruangan yang akan kamu dekor dinding. Pemilihan tema ini dapat berupa pertanyaan akankah kamu memasang serangkaian foto keluarga atau menggunakan gabungan foto dan aksesoris dinding seperti jam, kaca, hingga pajangan lainnya.

Memilih tema hiasan dinding akan membuat suasana ruangan menjadi lebih hidup dan terasa nyaman. Selain itu, konsep tema yang jelas akan menentukan lokasi penempatan agar tidak hanya terlalu ramai pada satu sisi dinding saja.

Memilih Bingkai Foto

Setelah menentukan tema yang cocok dan ingin menggunakan pajangan foto, selanjutnya kamu bisa memilih bingkai foto. Biasanya bingkai satu warna akan memiliki kesan yang seragam dan enak dipandang mata. Sedangkan untuk warna monokrom bisa menjadi pilihan untuk memberikan efek yang netral.

Untuk penempatannya, kamu bisa memadukan bingkai secara horizontal dan vertikal secara acak. Hal ini akan memberikan tampilan yang berbeda. Kamu juga bisa memberikan variasi ukuran pada bingkai agar tercipta dimensi dinding yang lebih estetik.

Pilih Spot Terbaik

Dinding yang cukup besar atau satu sisi dinding yang kosong menjadi satu spot terbaik untuk membuat hiasan dinding yang menarik terutama untuk memajang berbagai foto yang sebelumnya telah kamu siapkan. Biasanya kamu bisa memilih spot di bagian dinding atas kasur, ruang tamu, hingga kabinet dapur dan hiasan dinding di beberapa tempat lainnya.

Jika tak hanya menyiapkan bingkai foto, kamu bisa menetukan objek yang paling pas untuk penempatan hiasan dinding yang tepat. Misalnya lukisan yang berukuran besar lebih cocok diletakkan sebagai hiasan dinding ruang tamu. Kamu bisa memadukan dengan beberapa foto yang telah dibingkai dan aksesoris pajangan lainnya.

Membuat Layout Penempatan

Menempatkan beberapa hiasan dinding tak bisa asal ditaruh begitu saja. Sebelum membuat paku untuk dipajang atau terlanjut menempelkan lem pada dinding, ada baiknya kamu membuat layout penempatan. Hal ini untuk menghindari kesalahan atau penempatan yang kurang bagus. 

Kamu bisa membuat layout dengan mudah. Gunakan karton putih yang kamu ibaratkan sebagai dinding kosong yang akan kamu isi. Nanti tempelkan foto yang telah diprint di sana dengan menggunakan selotip. Kamu bisa mengubah tampilan dan susunan jika merasa tampilan kurang cocok, hingga menemukan tampilan yang kamu inginkan.

Cara Pasang Hiasan Dinding

Hal terakhir yang akan kamu lakukan adalah memasang hiasan dinding tersebut. Ada berbagai cara yang dipakai untuk memasang bingkai foto dan pajangan di dinding rumah. Meskipun terdengar sepele, menempelkan hiasan bukanlah hal yang mudah, lho.

Agar dinding rumah tetap bagus, hindarilah memasang paku dengan menggunakan palu. Selain tidak memiliki pondasi yang cukup kuat, cara ini dapat merusak tampilan dinding, terutama jika dinding rumahmu terbuat dari beton yang cukup kuat.

Untuk memasang paku, ada baiknya kamu menggunakan paku khusus dan bor agar terlihat lebih aman dan rapi. Sedangkan untuk proses menempelkan dengan lem, pilihlah bahan perekat yang aman dan tidak berisiko merusak dinding rumah.

Untuk mendapatkan hiasan dinding yang unik dan beda, kamu bisa melihat beberapa produk hiasan dinding yang ada di Snapy. Kamu bisa mencetak dengan desain yang kamu inginkan, lho. Yuk lihat produknya sekarang!

Baca juga: Intip Cara Memilih Hiasan Dinding Kamar yang Bikin Betah Rebahan

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234