Image
Pexels

Tips Memilih Kata untuk Membuat Kalimat Promosi dalam Pembuatan Desain Brosur

Dalam pembuatan brosur atau materi promosi, berbagai proses kreatif dilakukan untuk mendapatkan sebuah karya yang tak hanya menarik tetepi juga bisa menjangkau pembaca dengan tepat. Seperti dalam acara pameran atau kegiatan promosi, ribuan mata akan langsung melihat pada media promosi yang kamu gunakan.

Baik beriklan di media sosial atau media online, maupun beriklan melalui media cetak seperti brosur, poster, banner, dan lain-lain. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan brosur adalah pemilihan kata yang tepat. 

Nah, biar brosur dapat menjangkau masyarakat dengan tepat dan mendapatkan keuntungan, berikut tips memilih kata-kata yang tepat untuk promosi:

Baca juga: Media Promosi yang Efektif, Inilah Manfaat Brosur untuk Perusahaan

1. Sapaan yang tepat

Saat membuat kata-kata buat media promosi, perhatikan cara yang tepat untuk memanggil calon pelangganmu. Ibaratnya seperti jabat tangan pertama saat pertama kali kenal. Perusahaanmu perlu membuat interaksi pertama agar mereka mau mencoba produk tersebut. Buatlah kata sapaan yang tepat. 

Seperti apakah kamu akan menggunakan sapaan "Anda" atau "Kamu". Ini adalah proses pertama yang dapat meningkatkan penjualan. Dalam sisi psikologi, sapaan ini akan berharga untuk membangun koneksi yang baik antara merek dengan pelanggan.

2. Mengarahkan calon konsumen

CTA atau call to action merupakan langkah selanjutnya yang perlu diletakkan dalam media promosi. Misalnya pengarahan "klik link ini", "jangan lupa follow, atau beberapa kalimat serupa yang mengarahkan.

Usahakan memberikan arahan secara spesifik untuk membuat pelanggan mau melakukan interaksi yang sesuai dengan tujuan pembuatan iklan. Ini untuk mencegah calon pelanggan dari kebingungan yang malah membuat mereka tidak menemukan merek atau produk yang kamu promosikan.

Dalam proses CTA ini, kamu juga bisa gunakan kata "sekarang!" untuk meciptakan rasa urgensi yang mampu mendorong orang untuk melalukan tindakan tertentu. Misalnya pada kalimat "Order sekarang juga!".

3. Kata promosi yang memancing

Pemilihan kata promosi yang menarik mampu membuat siapa saja tergiur. Ada berbagai pilihan kata yang bisa dipilih. Misalnya kata "gratis", "diskon", "best seller", dan lain-lain.

Kata "gratis!" dapat menjadi pancingan yang menarik untuk calon pelanggan yang baru pertama kali berkenalan dengan produkmu. Kata "gratis" bisa kamu pertegas di awal iklan untuk mendapatkan perhatian dari calon pelanggan atau pada bentuk dan warna yang berbeda dari yang lain. 

Selanjutnya ada kata "diskon" yang bisa menjadi pilihan kata menarik selanjutnya. Berikan porongan yang menarik agar meskipun baru pertama kali beli, calon pelanggan akan mendapatkan keuntungan lain saat memutuskan membeli produkmu. 

Ada pula kata "best seller" yang dipakai untuk memancing calon konsumen untuk membeli barang yang juga banyak dibeli orang lain. Dengan cara ini, orang lain akan mengetahui pilihan produk terlaris dan terbaik dari pilihan produk lain yang perusahaan jual.

Baca juga: Perbedaan 3 Media Promosi Offline: Pamflet, Leaflet, dan Brosur!

4. Menawarkan produk baru

Untuk promosi media baru, nggak ada salahnya mencantumkan kata "baru atau "terbaru" pada iklan yang dibuat. Hal ini untuk menegaskan kepada pelanggan bahwa perusahaan menawarkan produk, menu, atau penawaran terbaru lainnya. 

Beberapa kata tersebut bisa kamu tegaskan pada desain media yang akan dibuat. Berikan sentuhan yang berbeda dari yg lain sebagai highlight dari penawarkan tersebut.

5. Ucapan terima kasih

Meskipun dalam bentuk brosur, kamu juga bisa menunjukkan rasa terima kasih sebagai apresiasi untuk pelanggan. Gunakanlah kata-kata yang menunjukkan rasa terima kasih dengan memberikan penawaran promo terbaik.

Misalnya ketika moment ulang tahun kamu bisa memberikan diskon atau promo spesial kepada pelanggan. Berikan promo dalam bentuk terbatas atau bebas untuk menjangkau calon pelanggan secara luas.

Itulah beberapa kata promosi yang bisa dilakukan untuk brosur. Buatlah desain yang menarik sesuai dengan ukuran brosur dan tujuan promosi. Untuk mendapatkan kualitas cetak brosur yang bagus, kamu bisa mencetaknya di percetakan Snapy sekarang!

Baca juga: 10 Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Menjual untuk Memaksimalkan Promosi Usaha

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234