Image
Pexels

Mendatangkan Keuntungan, Inilah Tips Menyebarkan Brosur agar Tepat Sasaran!

Berkat kemajuan teknologi yang semakin berkembang, industri bisnis juga terkena dampak yang cukup signifikan. Terutama dalam melakukan strategi pemasaran yang kini berubah menjadi bentuk digital. Meskipun begitu, melalukan pemasaran offline masih menjadi strategi konvensional yang dilakukan oleh sebagai orang. Strategi ini memanfaatkan media promosi cetak salah satunya menggunakan brosur. Flyer atau brosur ini masih menjadi alat promosi yang sering digunakan oleh pelaku usaha. 

Dikutip dari digibook.id, hasil riset menyatakan sebanyak 79% pelaku usaha menggunakan flyer dan brosur untuk mempromosikan produk. Dari 74% responden yang melakukan pembelian makanan dan mendapatkan brosur makan, mereka lebih senang menerima brosur dalam bentuk cetak dibandingkan bentuk digital. Keberhasilan penggunaan brosur dan flyer ini tergantung pada dua hal yaitu pesan yang ingin kamu sampaikan dan desain brosur yang menarik.

Desain flyer dan brosur yang kreatif menjadi daya tarik untuk siapa saja yang menerima brosur. Selain itu, agar brosur dapat diterima sesuai dengan sasaran promosi produk, maka kamu perlu memperhatikan di mana tempat menyebarkan brosur tersebut. Pemilihan lokasi ini akan menghasilkan respon penerima yang tinggi dan mampu meningkatkan penjualan. Ada beberapa pendekatan yang perlu kamu lakukan untuk menentukan lokasi penyebaran brosur. Begini penjelasannya:

Baca juga: 10 Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Menjual untuk Memaksimalkan Promosi Usaha

Letak Geografis dan Demografis

Strategi yang perlu kamu perhatikan adalah membagikan flyer pada tempat atau lokasi yang di mana target pasarmu tinggal atau dikenal dengan letak geografis. Kriteria yang sesuai juga bisa kamu kenali melalui demografi seperti kriteria tertentu yang spesifik hanya dibutuhkan oleh orang-orang tertentu saja. Inilah penjelasannya:

  1. Geografis: berarti kamu membagikan brosur sesuai dengan lokasi tertentu. Misalnya kamu membagikan brosur dalam lingkup RT, RW, atau Kelurahan. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan kode pos tertentu. Biasanya metode target sesuai geografis ini cocok untuk bisnis lokal yang memiliki pelanggan yang loyal. Seperti toko kelontong, bengkel mobil, tempat service, dan lain-lain
  2. Demografis: pemilihan tempat ini diberikan kepada orang yang cocok dengan karakteristik yang ditentukan. Misalnya kamu membagikan selebaran brosur perumahan pada tingkat pendapatan tertentu atau orang yang memiliki anak. Target demografis ini cocok untuk bisnis yang relatif sempit atau hanya menarik untuk tipe orang tertentu saja. Misalnya salon kecantikan, klinik penitipan hewan, dan lain-lain yang spesifik.

Tempat yang terbaik

Setelah menyesuaikan dengan tempat tinggal dan kriteria tertentu, kamu bisa memanfaatkan beberapa ide membagikan brosur berikut ini sebagai strategi yang bagus:

  • Membagikan langsung kepada pelanggan: salah satu cara ini dapat memastikan setiap penerima brosur dapat mengetahui dan membaca brosur yang kamu bagikan secara langsung. Biasanya dibutuhkan orang sales untuk membagikan brosur ini. Kamu bisa membagikan dengan strategi door to door, di tempat parkir mobil, pada orang di jalan besar, saat pameran, memasukkan pada halaman koran, hingga membagikan selebaran pada peserta acara.
  • Membagikan di tempat publik: strategi ini dapat membantumu dan menginspirasi orang untuk dapat menjangkau banyak orang dengan biaya yang murah. Misalnya dengan menempelkan brosur di toko, tiang listrik, mall, lift area, hingga tempat umum lainnya.
  • Menggandeng mitra: kamu bisa bekerja sama dengan mitra bisnis untuk membagikan brosur di tempat publik. Hal ini akan membuat proses ini lebih efisien dan tepat sasaran. Misalnya bekerja sama dengan perusahaan yang terkait dengan produk yang kamu pasarkan, seperti kedai kopi, restoran, swalayan, apotik, dan lain-lain.
  • Secara online: selain secara langsung, brosur juga bisa dibagikan secara online. Promosi online ini dapat kamu manfaatkan menggunakan platform seperti facebook, media online, atau web dan situs mitra bisnismu. Cara ini cocok untuk kamu yang tidak memiliki cukup karyawan untuk menangani dan membagikan brosurmu.

Proses Distribusi yang legal

Hal terakhir yang penting kamu pahami adalah menentukan cara pembagian brosur yang harus legal dan tidak menyalahi per undang-undangan yang berlaku. Jangan melakukan penyebaran atau penempelan brosur di tempat yang dilarang. Mengetahui proses distribusi yang legal menjadi hal utama. Jangan sampai aktivitas ini mengganggu khalayak dan memperburuk citra brandmu di mata masyarakat.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet! 

Mengapa harus Snapy?

  • Service Guaranty

Apabila terjadi kesalahan cetak, maka pelanggan akan mendapatkan potongan sebesar 20% atau pembuatan produk ulang hingga benar.

  • Bekerja sama dengan Gosend

Melayani pengiriman di hari yang sama, dikirim dari cabang terdekat dari lokasi pelanggan.

Dapatkan penawaran khusus jika berkunjung langsung di cabang terdekat Anda*

*Syarat dan ketentuan berlaku

Hubungi Whatsapp Snapy segera dan dapatkan penawaran harga menarik. Kamu juga bisa konsultasikan kebutuhan cetak, promosi, dan branding di Snapy!

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234