Source image: Google
Tips Promosi yang Efektif di Event Pameran yang Mendatangkan Keuntungan
Kembali banyaknya event pameran menjadi ladang promosi yang efektif untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pelaku umkm dapat memanfaatnya banyaknya pengunjung yang hadir untuk mengenalkan produk baru dan dapat menjadi pelanggan tetap di kemudian hari. Banyak pameran yang sengaja diselenggarakan untuk mendukung dan mewadahi promosi pelaku UMKM. Melihat potensi yang besar, tak heran banyak pelaku usaha yang menyiapkan promosi dengan matang untuk mendapatkan keuntungan.
Standing banner atau banner berdiri merupakan salah satu alat promosi produk yang memiliki berbagai jenis seperti roll up banner, x banner, tripod banner, dan lainnya. Standing banner menjadi alat promosi yang penting untuk perusahaan yang ingin menunjukkan produk dalam suatu event atau acara tertentu. Salah satu jenis standing banner yang cocok untuk memasarkan produk umkm dalam pameran adalah X banner.
Desain x banner sangat cocok untuk kamu yang mamiliki usaha jualan aneka makanan atau snack. Selain digunakan untuk memberitahu konsumen tentang suatu produk, x banner dapat menjadi media promosi yang cocok untuk mengenalkan sebuah usaha baru. Tak hanya menyiapkan banner berikut ini tips sukses promosi UMKM di event pameran:
Baca juga: Efektif untuk Promosi Usaha, Inilah Kelebihan X Banner yang Perlu Kamu Ketahui
1. Menyesuaikan tema pameran dengan jenis UMKM
Setiap usama memiliki jenis dan tema pameran yang berbeda. Sebelum memutuskan mengikuti sebuah event, ada baiknya kamu menyesuaikan dengan jenis usaha yang kamu miliki. Hal ini untuk menentukan pelanggan yang nantinya akan tertarik dengan produk. Promosi yang salah tempat akan membuat produk tidak terlihat bahkan tidak diminati oleh pengunjung.
Misalnya seorang pengusaha UMKM di bidang pakaian, bisa mengikuti pameran atau event dengan tema fashion. Sesuaikan tema pameran ini untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak karena sesuai dengan target pasarmu.
2. Pilih lokasi strategis
Tak hanya tema pameran, kamu perlu mengetahui dan menentukan lokasi pameran hingga tempat booth yang akan kamu miliki saat pameran. Pilih lokasi pameran yang strategis, mudah dijangkau pengunjung, dan mudah untuk siapa saja datang ke pameran. Misalnya lokasi pameran di pusat kota atau tempat yang sudah terkenal.
Dengan begitu, kamu dapat memperkirakan jumlah pengunjung yang datang dan siapa saja yang dapat tertarik ke produkmu. Tak hanya lokasi pameran, kamu juga bisa menentukan letak booth UMKM. Pilih lokasi booth yang mudah dilihat dan berada pada tempat yang dekat dengan lalu lala pengunjung yang hadir.
3. Pilih penyelenggara berpengalaman
Beberapa waktu belakangan, ada banyak kasus event yang tidak berjalan sesuai perjanjian karena penyelenggara yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk ikut pameran, kamu dapat mengecek duhulu penyelenggara acara tersebut. Kamu bisa memantau melalui sosial media maupun pesan email yang mereka kirimkan dan proposalnya.
Kamu dapat melihat pengalaman penyelenggara dalam melaksanakan event sebelumnya dan melihat antusiasme dan jalannya acara. Penyelenggara yang sudah berpengalaman tentu memiliki pengunjung tetap yang banyak. Mereka memili nama di dunia event.
4. Quality control produk
Setelah mantap mengikuti pameran dan event, kamu perlu melakukan quality control untuk setiap produk yang kamu pamerkan. Langkah ini bisa dilakukan dari jauh hari hingga sebelum pameran berlangsung. Langkah ini untuk membuat kegiatan pameran berjalan lancar dan aman. Dengan begitu, kualitas produk yang terjual akan tetap bagus dan membuat pelanggan tidak kecewa.
5. Menghias booth pameran
Manusia sebagai makhluk visual yang tertarik pada hal yang menarik secara pandangan. Mereka cenderung tertarik dengan berbagai hal yang menarik mata dan terlihat beda dari yang lain. Untuk itu, kamu bisa menghias booth denagn kreatif dan sesuai dengan identitas brand UMKM milikmu. Penampilan booth bisa kamu buat menarik dengan konsep yang mudah diingat oleh pengunjung untuk membuat pelanggan mengingat produk saat mencari kebutuhan yang sama.
6. Menyiapkan media promosi
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, lakukan promosi produk dan usaha dengan kartu nama, sampel produk, hingga menggunakan x banner di depan booth. Penggunaan x banner ini cocok dipakai untuk pameran indoor yang tidak langsung terkena matahari dan angin. Buatlah desain x banner yang menarik dan berisi informasi lengkap untuk memudahkan pelanggan saat mencari tahu produkmu.
Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!
Mengapa harus Snapy?
- Service Guaranty
Apabila terjadi kesalahan cetak, maka pelanggan akan mendapatkan potongan sebesar 20% atau pembuatan produk ulang hingga benar.
- Bekerja sama dengan Gosend
Melayani pengiriman di hari yang sama, dikirim dari cabang terdekat dari lokasi pelanggan.
Dapatkan penawaran khusus jika berkunjung langsung di cabang terdekat Anda*
*Syarat dan ketentuan berlaku
Hubungi Whatsapp Snapy segera dan dapatkan penawaran harga menarik. Kamu juga bisa konsultasikan kebutuhan cetak, promosi, dan branding di Snapy!
Categories: Tips & Trick