Unsplash
5 Tujuan Pengemasan Produk untuk Menarik Perhatian Konsumen
Saat awal berjualan atau membuka usaha, para pelaku bisnis kerap kali lupa tentang packaging yang perlu mereka perhatikan. Beberapa terlalu sibuk memikirkan kualitas produk dan cara memasarkan produknya agar dikenal banyak orang. Padahal packaging menjadi satu hal yang akan menarik minat dan daya tarik masyarakat.
Seperti ketika kamu berbelanja ke minimarket, maka hal pertama yang menjadi pertimbangan adalah kemasan produk yang menarik. Beberapa waktu dihabiskan hanya untuk membandingkan produk satu dengan produk yang lain. Bahkan kamu mungkin hanya perlu melihat logo ketika mencari produk tertentu.
Untuk itu, kemasan produk adalah salah satu media komunikasi yang digunakan antara produk dengan konsumen. Bila produk terlihat menarik dan memiliki karakter kuat maka produk tersebut akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh konsumen.
Plastik packing berfungsi tidak hanya sebagai alat untuk mengemas barang tetapi juga memiliki fungsi lainnya. Hal inilah yang akan terlihat betapa pentingnya proses packing untuk setiap produk.
Yuk simak tujuan pengemasan dan pentingnya packaging untuk pemasaran produk!
Baca juga: Tetap Aman sampai Tujuan, Ini dia Panduan Berkirim Hamper yang Tepat
Tujuan Pengemasan Produk untuk Menarik Perhatian Konsumen
Membuat packaging bukan hanya saja berkaitan dengan pemilihan warna dasar, tetapi dengan melihat tujuan penggunaannya. Ini dia tujuan pengemasan untuk produk:
1. Melindungi Produk
Komponen produk yang selalu berada di luar, menjadi penggunaan packaging sebagai alat yang digunakan untuk melindungi produk. Packing yang rapi akan melindungi produk agar tidak mudah tergores, basah, atau cacat.
Apalagi saat proses pengiriman, produk terkadang sangat berisiko rusak atau berbagai hal yang tidak terduga. Seperti paket yang terjatuh, rusak, atau tertimpa barang lainnya.
Jadi kemasan ini akan melindungi produk mulai dari di ruang penyimpanan, proses distribusi hingga sampai diletakkan di rak toko. Akhirnya ketika produk sampai di tangan konsumen, akan tetap aman dan tidak terkontaminasi oleh hal yang berbahaya lainnya.
2. Membangun Kepercayaan Konsumen
Kemasan produk merupakan satu hal yang menjadi alat untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap produk yang kamu jual. Dengan meningkatnya kepercayaan maka akan meningkatkan pula kepuasan konsumen.
Hal ini dapat terlihat jika kamu berbisnis online. Sering kali beberapa konsumen mengeluh jika paket yang mereka terima datang dengan kondisi yang rusak. Nah, untuk itulah kamu perlu memastikan kemasan pengiriman rapat dan rapi agar konsumen akan senang ketika menerima paket darimu.
Konsumen yang senang dengan produkmu tentu tak akan ragu untuk kembali berbelanja di tokomu. Bahkan mereka juga tak sungkan untuk merekomendasikan produkmu dan memberikan testimoni yang baik.
3. Menambah Daya Tarik
Seperti yang telah ditulis di atas, kemasan produk menjadi satu daya tarik yang akan menjadi media komunikasi antara konsumen dengan produk tersebut. Beberapa orang yang baru melihat produk akan membandingkan atau menimang satu produk dengan produk lainnya untuk mencari mana yang lebih menarik dan terpercaya.
Sedangkan untuk beberapa orang yang sudah terbiasa, akan langsung mengambil atau mendapatkan produk hanya dari melihat logo dari kemasannya saja. Nah, untuk itu kamu bisa membuat packaging yang menarik dan unik. Hal ini akan menarik minat dan daya tarik calon konsumen ketika melihat produkmu.
4. Memberikan Informasi Produk
Umumnya, setiap kemasan memiliki informasi yang akan menjelaskan produk tersebut. Mulai dari nama brand, logo, harga, hingga cara pembuatannya. Inilah bagian yang bisa menjadi cara promosi untuk memperkenalkan produkmu.
Kamu bisa menonjolkan desain kemasan yang menarik dan beda dari yang lain. Ini akan mampu meningkatkan nilai jual produk dibandingkan produk lainnya yang mungkin terlihat biasa. Informasi lain yang bisa kamu tambahkan seperti tanggal kedaluwarsa, dan beberapa informasi pendukung lainnya.
5. Memperkuat Produk agar Unik
Pengemasan produk dapat menjadi strategi yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi pembeda dari satu produk dengan produk lainnya. Kemasan dapat menjadi identitas produk dan usahamu, lho.
Kemasan yang menarik dan unik akan memudahkan konsumen atau calon konsumen terhadap produk yang kamu miliki. Hal ini juga akan membuat orang menjadi terbiasa dan langsung mengambil atau memilih produkmu jika mencari sebuah produk tertentu.
Itulah 5 pentingnya tujuan pengemasan untuk produkmu agar tak hanya mudah dikenali tetapi juga dapat menjaga isi dari produkmu. Konsumen yang menerima kemasan produk dengan rapi dan bagus tentu akan membuat mereka kembali ingin berbelanja.
Menjelang bulan ramadhan, Snapy memberikan promo UMKM untuk para pemilik usaha yang ingin memperbarui tampilan produknya. Yuk temukan dan segera lakukan pembelian sekarang juga!
Categories: Info