Image
Unsplash

Tersedia dalam Berbagai Pilihan, Inilah Penjelasan tentang Ukuran Buku Tulis!

Salah satu perlengkapan kantor dan sekolah ini sudah pasti dikenali oleh orang banyak. Dari mulai jaman sekolah hingga bekerja, beberapa orang masih menggunakan buku ini untuk mencatat berbagai keperluan. 

Secara umum, buku ini terdiri dari kumpulan jumlah kertas yang dijadikan satu bagian dengan cara dijilid. Saat ini kamu akan menemukan berbagai pilihan buku tulis. Mulai dari merek, bentuk, warna, dan ukuran buku tulis yang berbeda.

Biasanya bentuk yang berbeda juga akan membedakan tujuan penggunaan. Seperti misalnya buku tulis biasa dengan binder. Begitu pula dengan ukurannya. Di pasaran, terdapat banyak ukuran yang cukup beragam dengan harga buku tulis yang juga bervariasi.

Umumnya semakin tinggi jenjang pendidikan maka ukuran kertas dan buku tulis yang diperlukan juga semakin tebal dan lebar. Tak heran jika beberapa produsen buku tulis juga memberikan banyak pilihan ukuran yang bervariasi.

Pilihan tersebut agar masyarakat lebih leluasa memilih buku tulis berdasarkan kebutuhan mereka. Yuk simak artikel ini hingga akhir untuk melihat beragam ukuran buku tulis!

Ukuran Buku Tulis Sekolah sesuai dengan Fungsi, Karakteristik, dan Harganya

Sebelum membeli dan memilih buku tulis yang kamu butuhkan, kenali dulu ukuran buku tulis sesuai dengan fungsi dan karakteristik serta harganya berikut:

1. Ukuran A5

Buku tulis ini memiliki ukuran 21 x 15 cm yang merupakan ukuran populer yang paling banyak digunakan oleh anak sekolah. A5 ini merupakan ukuran standar yang digunakan untuk mencatat pelajaran atau tugas mereka.

Buku tulis ini diproduksi dalam varian kertas bergaris, model grid, dotted, hingga sketch. Di pasaran, ukuran A5 banyak disediakan dalam ketebalan 38 dan 58. Ketebalan sudah cukup untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pelajar.

Harga satuan buku tulis dengan ketebalan 38 berkisar dari Rp. 2.000-3.000 dan ketebalan 58 antara Rp. 4.000-5.000. Namun, jika kamu mau, harga paketan isi 10 buah lebih murah dibandingkan dengan harga satuan.

2. Ukuran B5

Selanjutnya terdapat ukuran B5 yang merupakan buku tulis besar. Detailnya berukuran 25 x 18 cm. Dibandingkan dengan ukuran sebenarnya, ukuran ini lebih banyak digunakan oleh siswa di jenjang SMP atau SMA.

Buku tulis ini memiliki ketebalan mulai dari 42, 48, 50, hingga 60 lembar. Bagian kertasnya akan terasa lebih tebal dan halus dengan gambar sampul yang khas. 

Buku tulis ini dapat dibeli secara satuan atau perpaket. Biasanya paket tersedia dalam ukuran enam hingga sepuluh buah. Harga jualnya mulai dari Rp. 4.000-8.000 untuk satuan dan Rp. 25.000-55.000 perpaket.

3. Ukuran F4

Ukuran F4 atau folio memiliki ukuran 21 x 33 cm. Biasanya ukuran ini dikenal dengan istilah folio bergaris. Buku tulis ini banyak digunakan untuk siswa jurusan kejuruan seperti tata busana dan akuntansi. 

Pemanfaatannya biasa dipakai utnuk membuat jurnal, menulis catatan keuangan, pola jahitan, dan lain-lain. Kamu akan mudah mendapatkan jenis buku tulis ini di toko ATK terdekat. 

Buku folio ini sering dijual secara terpisah. Mungkin karena buku ini termasuk buku tulis besar yang lebih mudah dijual dalam satuan. Harga buku tulis ini berkisar Rp. 8.000-30.000.

4. Ukuran A6

Buku tulis ukuran A6 memiliki detail 12,4 x 10,5 cm. Buku ini terlihat lebih kecil dibandingkan dengan buku tulis yang digunakan anak-anak di sekolah. Karena itu buku ini lebih banyak digunakan untuk merangkum tulisan atau catatan penting saja.

Harga jual buku tulis lebih bervariasi. Biasanya tergantung pada desain sampul dan kertas yang dipakai. Untuk itu, karena ukurannya yang pas di saku, buku tulis ini dapat kamu bawa dan gunakan untuk berbagai keperluan kapanpun dan di manapun.

Buku saku yang dijual dengan kualitas standar biasanya berkisar dari Rp. 2.000-5.000. Selain itu, ada juga cover yang lebih eksklusif dengan harga sekitar Rp. 10.000-15.000.

5. Ukuran A7

Ukuran buku tulis yang terakhir adalah ukuran A7. Detail ukuran ini yaitu 10,5 x 6,2 cm. Ukuran ini termasuk ukuran yang paling kecil yang lebih sering disebut dengan notebook atau buku memo.

Buku ukuran ini sering digunakan sebagai souvenir yang diadakan saat seminar atau kegiatan organisasi lainnya. Tujuannya untuk memudahkan peserta mencatata poin penting selama kegiatan berlangsung.

Harga buku memo ukuran A7 bervariasi. Hal ini karena beberapa desain sampul memiliki beragam warna dan model. Selain itu, harga buku juga ditentukan oleh model jilid yang biasa atau menggunakan ring spiral. Mulai dari Rp 5.000 hingga lebih kamu bisa mendapatkan buku tulis ukuran ini.

Yuk segera pesan buku tulis custom untuk kebutuhan anak-anak atau kamu sendiri. Kamu bisa melihat produk buku tulis Snapy dan temukan desain yang menarik. 

Categories: Produk

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234