Image

6 Jenis Bahan Bantal untuk Menunjang Kenyamanan Tidur Kamu

Bantal sudah menjadi salah satu benda wajib yang dipakai untuk menyangga kepala ketika tidur di malam hari. Tidak hanya itu, bantal pun kerap ditambahkan sebagai pelengkap furnitur lain seperti sofa, kursi, dan lain-lain.

Bantal yang digunakan hendaknya mampu membuat penggunanya terasa nyaman dan mudah tidur dengan nyenyak. Saat ini, banyak bantal yang dijual dengan aneka motif atau desain custom menarik. Nah sebelum mulai memikirkan desain, ketahui dulu apa saja bahan pada bantal yang memang berpengaruh terhadap kenyamanan tidur. Ini dia ulasan lengkapnya.

1. Busa
Bantal berbahan busa merupakan salah satu bahan yang paling sering dijual di pasaran. Layaknya spon, teksturnya yang sangat lentur dan fleksibel membuat bantal ini bisa menyesuaikan dengan bentuk kepala. Meskipun begitu bantal ini memberikan efek panas jika terlalu lama digunakan.

2. Kapuk
Bantal kapuk yang berasal dari kapas hasil proses tanaman kapuk memiliki tekstur yang lembut dan terasa licin bila dipegang. Meskipun begitu bantal berbahan kapuk memiliki ketebalan yang dapat disesuaikan dan cukup kuat menahan beban kepala. Perlu diingat saat memilih bantal berbahan kapuk, pastikan kamu harus rajin membersihkannya karena mudah berdebu dan menjadi sarang tungau atau kutu karena mudah lembap, serta bantal kapuk akan memadat jika sering digunakan.

3. Latex
Bantal berbahan latex terbuat dari getah karet baik natural maupun sintesis. Rongga-rongga pada getah karet membuat bantal ini jauh lebih kenyal serta terasa sejuk dan adem. Bantal ini juga mampu menopang beban kepala dan mudah mengikuti bentuk kepala karena kekenyalannya.

4. Memory Foam
Bantal berbahan memory foam terbuat dari sejenis polyurethane di mana bantal ini membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa kembali ke bentuk asal setelah bantal tersebut digunakan. Selain itu bantal ini juga mampu menyerap keringat.

5. Bulu Angsa
Bantal berbahan bulu angsa terkenal sangat halus terutama pada bagian leher (down). Semakin banyak kandungan down dalam sebuah bantal, semakin mahal harga bantal tersebut. Karena menggunakan bahan organik, tidak disarankan untuk orang yang memiliki alergi karena bulu-bulu angsa membawa debu yang bisa memicu alergi.

6. Dakron
Bantal berbahan dakron yang terbuat dari serat plastik menjadi bahan yang digunakan untuk menggantikan bahan kapas atau kapuk. Bahan ini tidak mudah menyerap debu serta tidak mudah dihinggapi kutu dan tungau. Serta bahan ini memiliki fleksibilitas yang tinggi dan tetap awet meski sering dicuci. Terdapat tiga jenis dakron berdasarkan tekstur serat dan daya kembangnya, yakni siliconized polyester fiber, silikon, dan dakron regular.

Categories: Info

Share:

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747