Image
Source image: Google

6 Cara Membuat Desain X-Banner untuk Promosi yang Menarik

Banner merupakan media informasi yang berfungsi sebagai media promosi dan branding yang simpel dan efektif dari segi harga banner yang relatif murah.

Salah satu bentuknya adalah x-banner. Media informasi ini berbentuk lembaran banner dengan konstruksi penyangga di belakangnya yang menyilang menampilkan seperti huruf "X" agar banner tersebut bisa berdiri. 

Baca juga: 7 Tips Agar Orang Tertarik Melihat Banner Anda

Cara Membuat Desain X Banner yang Menarik

Yuk perhatikan beberapa hal berikut untuk cara membuat desain x-banner yang menarik:

  • Judul yang menarik

Karena tujuannya untuk promosi, maka penting untuk Anda memperhatikan desain x-banner yang akan dibuat. Salah satunya adalah pemilihan judul yang menarik. 

Dengan judul atau headline x-banner yang menarik itu akan membuat konsumen langsung teringat dengan produk Anda. Ibaratnya, pemilihan judul yang bagus akan menyedot perhatian orang hingga banyak orang yang akan tertarik dan berminat dengan produk yang Anda tawarkan.

  • Kalimat efektif dan menarik

X-banner custom bukanlah media informasi yang memiliki ukuran besar. Untuk memaksimalkan promosi, pilihlah kalimat yang menarik tetapi juga simpel dan tidak terlalu panjang.

Gunakan kalimat-kalimat yang dapat menarik konsumen dengan kalimat yang informatif, singkat, padat, serta jelas. Untuk mengurangi banyak kalimat, Anda juga dapat menggunakan poin-poin dalam informasi yang Anda sampaikan di x-banner.

  • Carilah kata-kata unik

Kata-kata yang unik akan mengingatkan orang terhadap produk dan x-banner yang Anda punya. Hal itu juga akan membuat orang yang lewat ingin melihat dan membaca semua informasi yang ada dalam x-banner. 

Untuk promosi x-banner, Anda dapat menggunakan metode AIDA yaitu attention, interest, desire, dan action. Attention artinya x-banner yang Anda buat harus menarik. Interest artinya ketertarikan konsumen karean desain x-banner Anda yang menarik. 

Sedangkan desire artinya melalui x-banner yang Anda buat, pembaca akan tertarik dan berminat dengan produk yang Anda tawarkan. Untuk action adalah tahapan terakhir yaitu konsumen yang tertarik akan mengambil langkah untuk membeli produk Anda. 

  • Perhatikan tampilan x-banner

Hal yang pertama harus diperhatikan sebagai bagian dari tampilan x-banner yaitu penggunaan komposisi warna yang cocok. Pemilihan warna yang sesuai dengan produk atau warna-warna cerah akan membuat pembaca tertarik untuk membaca lebih jauh informasi dalam x-banner.

Selanjutnya, pilihlah gambar, ilustrasi atau jargon yang menarik perhatian pembaca. Anda dapat menyesuaikan dengan gambar produk atau jargon-jargon yang out of the box.

Setelah membuat pembaca tertarik dengan produk Anda, berilah kontak nomor telepon atau cara agar konsumen dapat mengakses atau membeli produk Anda.

  • Sesuikan ukuran x-banner

X-banner memiliki ukuran yang beragam. Ukuran standar x-banner biasanya 60 x 160 cm, 80 x 180 cm, dan 80 x 200 cm. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan penempatan dan informasi apa yang ingin Anda sampaikan. 

Penempatan x-banner biasanya terletak di depan bagian toko, bagian front office sebuah perusahaan atau instansi, di acara pameran atau lauching produk, dan masih banyak lagi. Menyesuaikan ukuran x-banner berarti Anda juga menyesuaikan dengan harga x-banner yang dikeluarkan.

  • Pilih kualitas bahan kaki x-banner

Penggunaan x-banner cenderung praktis. Hal itu terlihat dari bobot x-banner yang terbilang ringan dan mudah untuk dipindahkan dan dibawa. Beberapa jenis kaki x-banner yang tersedia sebagai berikut:

  • Rangka plastik / fiber fix

Jenis kaki ini terbilang yang paling murah, dan biasa digunakan untuk x-banner yang biasanya digunakan sekali pakai.

  • Rangka plastik / fiber adjustable

Jenis kedua ini termasuk pilihan yang cukup ekonomis dengan mengatur posisi kait jika ukuran banner lebih kecil dari ukuran standar.

  • Rangka alumunium fix

Kaki x-banner ini lebih mahal dari dua jenis sebelumnya dan lebih berat. Akan tetapi, bagusnya jenis kaki x-banner ini lebih kokoh dan kuat.

  • Rangka alumunium adjustable

Sama seperti jenis adjustable sebelumnya, jenis ini untuk banner yang memiliki ukuran custom.

Baca juga: Harga Banner Berdasarkan Jenis Bahan

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234