Image
Source image: Google

Beda Jenis, Beda Ukuran, lho! Inilah Berbagai Ukuran Banner sesuai Kebutuhan

Banner adalah salah satu media promosi cetak yang digunakan untuk mengiklankan beragam produk, jasa, dan layanan atau hanya sekedar memberikan informasi kepada masyarakat. Sebagai seorang pengusaha, tentunya Anda membutuhkan promosi untuk mengembangkan usaha Anda. Salah satunya, Anda dapat menggunakan banner untuk memberikan informasi atau penawaran menarik kepada calon konsumen. Sebagai seorang konsumen, Anda tentunya juga sering melihat berbagai standing banner yang terpasang di mall atau pusat perbelanjaan di depan toko yang menarikkan? Nah itulah fungi banner sebagai media promosi.

Banner berfungsi sebagai media promosi yang akan menarik minat masyarakat atau calon pelanggan. Untuk itu, tak heran bila desain banner haruslah dibuat menarik dan memberikan kesan yang berbeda. Setelah itu, informasi yang ada dalam banner akan tersampaikan dengan baik. Media promosi yang juga akrab disebut spanduk ini memiliki beragam jenis. Berbeda jenisnya, maka akan berbeda pula ukuran banner yang digunakan. 

Yuk simak informasi lengkap tentang berbagai ukuran banner berdasarkan jenisnya dalam artikel ini.

Berbagai Ukuran Banner untuk Promosi Usaha, Kampanye, dan Imbauan

Sebelum memutuskan untuk memasarkan produk atau barang dengan banner, Anda dapat melihat berbagai contoh banner serta jenis banner yang ada di internet. Namun, untuk memudahkan Anda, telah kami rangkum ukuran banner sesuai dengan jenis bannernya sebagai berikut:

1. Ukuran Roll Banner

Roll banner merupakan jenis banner yang memiliki bentuk vertikal dan dapat digulung. Roll up banner memerlukan tiang penyangga yang kokoh. Tiang penyangga banner ini terbuat dari bahan aluminium yang tebal. Untuk itu, penggunaan roll banner lebih sering dan bagus digunakan untuk promosi indoor ataupun outdoor. Inilah ukuran standing banner yang biasa digunakan:

  • 80 cm x 200 cm
  • 60 cm x 160 cm
  • 85 cm x 200 cm
  • 120 cm x 200 cm
  • 150 cm x 200 cm

Untuk ukuran mini roll banner adalah 29.7 cm x 42 cm.

2. Ukuran X Banner

X banner adalah banner yang digunakan untuk promosi dan memiliki ciri khas tiang penyangga berbentuk X. Maka untuk penggunaan x banner lebih cocok digunakan untuk indoor karena tidak akan mudah jatuh ketika terkena angin. Jenis standing banner ini juga mudah digunakan karena mudah dibongkar dan dirakit ulang. Inilah beberapa standar ukuran x banner yang umum digunakan:

  • 60 cm x 160 cm
  • 60 cm x 120 cm
  • 80 cm x 180 cm
  • 80 cm x 200 cm

3. Ukuran Mini X Banner

Selain ukuran x banner standar, terdapat pula x banner dalam ukuran mini. Mini x banner biasanya digunakan untuk melakukan promosi yang berisi informasi langsung to the point. Jika Anda perhatikan, x banner mini ini biasa dipasang di atas meja atau tempat yang memiliki tinggi kurang dari 50 cm dari lantai. Hal itu tentunya akan memudahkan konsumen ketika melihat informasi tersebut. Inilah standar ukuran x banner mini:

  • 26 cm x 38 cm
  • 24 cm x 40 cm
  • 30 cm x 42 cm

4. Ukuran Y Banner

Selain bentuk tiang penyangga X, terdapat standing banner yang memiliki bentuk tiang penyangga seperti Y. Banner ini biasanya memiliki alas di bagian bawah untuk memperkuat saat banner berdiri. Y banner biasanya digunakan untuk menyambut tamu undangan di depan ruangan dalam sebuah acara tertentu. Banner ini hanya memiliki satu ukuran standar yaitu 60 x 160 cm.

5. Ukuran Banner Spanduk

Banner spanduk merupakan banner yang tidak memiliki tiang. Biasanya banner ini memerlukan tali untuk memasangnya. Untuk promosi, kampanye, atau imbauan, jenis banner ini lebih cocok digunakan untuk outdoor sehingga dapat menarik konsumen lebih banyak. Contohnya spanduk big sale, spanduk imbauan pemerintah, spanduk partai, dan lain-lain. Inilah standar ukuran spanduk banner pada umumnya:

  • 7 m x 11,5 m
  • 7 m x 0,9 m
  • 5 m x 0.9 m
  • 5 m x 11,5 m

Itulah beberapa informasi tentang ukuran banner. Anda dapat menyesuaikan dengan desain banner dan informasi apa yang ingin Anda sampaikan. Tentunya berbeda ukuran akan menentukan berapa banyaknya informasi yang tertera dan harga banner yang dikenakan.

Baca juga: Terlihat Mirip, Inilah Perbedaan Banner dan Spanduk untuk Promosi Usaha!

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234