Image
Snapy

Cara Membuat Amplop Surat Perusahaan dengan Mudah di Microsoft Word

Untuk berbagai kebutuhan surat menyuruat, amplop menjadi barang wajib yang perlu dipakai. Selain memeberikan informasi terkait pengirim surat, amplop yang didesain khusus untuk perusahaan akan melindungi berkas dan dokumen penting yang ada di dalamnya.

Salah satu desain amplop yang biasa dipakai adalah penggunaan kop surat perusahaan di bagian depan perusahaan. Meskipun terlihat mudah, cara ini akan terasa sulit terutama untuk yang belum pernah mengerjakan desain amplop.

Untuk itu, beberapa perusahaan memilih jasa percetakan untuk membuat amplop perusahaan custom yang tepat sesuai dengan citra perusahaan. Umumnya pembuatan ini juga dibuat dengan aplikasi desain yang kurang dikenali orang awam. 

Namun, kamu masih bisa mencoba membuat amplop perusahaan dengan aplikasi Microsoft Word yang biasa dipakai untuk membuat dokumen atau surat menyurat. Berikut 6 langkah mudah untuk membuat amplop surat dengan desain kop surat dengan Word!

Baca juga: Inilah 5 Jenis Kertas Amplop Surat yang Biasa Digunakan sesuai Kebutuhan

1. Buka program aplikasi Ms. Word

Dalam proses pembuatan amplop surat, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka program Microsoft Word. Untuk membuat desain amplop, disarankan menggunakan Ms. Word dengan minimal tipe Ms. Word 2007.

Setelah terbuka beralihlah ke bagian atas halaman word tepatnya pada bagian menu. Kliklah salah satu menu yang tertulis "Mailings". Setelah itu, pilih bagian envelopes yang berada dibagian menu bawah bagian kiri.

2. Menuliskan alamat yang dituju

Setelah kotak "Envelopes and Labels" keluar, maka langkah selanjutnya adalah melihat bagian 'Delivery Address' untuk menuliskan nama penerima dan alamat yang dituju. Sedangkan pada bagian 'Return Address' dapat ditulis nama pengirim sekaligus alamatnya.

Berikut contohnya: 

Delivery Address:
Kepada Yth.
Bapak Mukti
Jalan Kemenangan Barat No.435, Jakarta Timur
Return Address:
Snapy
Jalan Martimbang No. 31, Jakarta Selatan

3. Menentukan ukuran amplop

Setelah menuliskan nama dan alamat pengirim, selanjutnya menentukan ukuran amplop surat yang akan dipakai. Masih pada kotak yang sama, pada bagian bawah terdapat pilihan "Option", kliklah bagian tersebut. Setelah itu, muncullah pop up untuk memilih ukuran amplop sesuai kebutuhan. 

Ukuran amplop standar yang dapat dipilih adalah DL 110 x 220 mm. Setelah itu, klik OK. Setelah memilih itu, kamu bisa langsung klik bagian 'Add to Document' dan tunggulan hingga halaman word menampilkan ukuran amplop yang sesuai. Dalam desain tersebut sudah tertera nama dan alamat yang dituju di bagian tengah dan nama dan alamat pengirim di bagian kiri atas halaman.

4. Membuat kop surat di amplop

Untuk pembuatan amplop perusahaan, maka salah satu hal yang perlu kamu masukkan adalah kop surat perusahaan. Jika sebelumnya perusahaan telah memilih kop surat, kamu hanya perlu meng-copy paste kop perusahaan pada halaman amplop yang sudah jadi. 

Nantinya tampilan amplop akan muncul Header Section untuk tulisan di atas halaman dan Footer Section untuk tulisan di bawah halaman. Pada bagian Header Section, kamu bisa memasang logo perusahaan dan lakukan pengaturan agar tampilan menarik dan tampak indah dengan menggunakan ruler. 

Sedangkan pada bagian Footer Section, tuliskan alamat perusahaan dengan menambahkan garis sebagai aksesoris. Untuk berpindah dari halaman header ke footer, kamu cukup klik dua kali pada bagian yang ingin diubah.

5. Mengecek tampilan amplop

Setelah proses desain amplop selesai, kamu jangan terlalu terburu-buru untuk mencetak amplop. Lakukan pengecekan untuk melihat tampilan awal amplop sebelum dicetak. Kliklah menu "File" lalu piliah bagian "Print". Pada tampilan bagian kanan akan terlihat halaman yang hendak kamu cetak. 

Jika ternyata ada yang kurang, kamu masih bisa memperbaiki dengan kembali ke halaman word. Sebagai tips, agar logo tidak tertutup atau menggeser bagian tulisan, maka kamu bisa mengklik dua kali pada bagian logo dan pilih menu 'Wrap Text' di bagian atas. Setelah itu, pilihlah 'In Front of Text'.

6. Proses mencetak amplop

Sebelum melakukan percetakan, kamu bisa memasukkan amplop kosong pada mesin printer yang digunakan. Sesuaikan penempatan amplop tersebut agar sesuai dengan desain yang telah dibuat. Pastikan mesin printer telah tersambung dengan komputer. 

Kemudian pada halaman word, pilihlah kembali bagian menu 'File' lalu klik bagian 'Print'. Lakukan pengaturan mulai dari pemilihan warna yang dipakai, hingga jumlah amplop yang akan dicetak menggunakan opsi 'Print'. Setelah selesai pengaturan, kamu bisa klik 'Print' yang ada di bagian sebelah kiri beserta gambar mesin print.

Itulah 6 cara membuat amplop surat di Microsoft Word. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah tersebut untuk memudahkan pembuatan amplop tanpa bantuan pihak percetakan.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet! 

Yuk, segera penuhi kebutuhan cetakmu di Snapy!

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234