Image
Source image: Google

Jaga Kualitas Sajadah dengan Merawat dan Mencuci Sajadah yang Benar dan Tepat

Sajadah merupakan salah satu alat yang wajib digunakan untuk menunaikan ibadah wajib umat muslim. Sajadah digunakan sebagai pelindung dan menjaga kebersihan selama beribadah. Saat ini, penggunaan sajadah diperlukan dan menjadi barang wajib yang dibawa ketika berpergian. Anda dapat menggunakan sajadah travel yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana. 

Selain jenis sajadah travel, alat solat ini memiliki ukuran sajadah yang beragam seusai dengan kebutuhan pemakainya. Ada yang sajadah tebal, lebar, dan panjang yang disesuaikan dengan ukuran postur tubuh ketika sujud. Tentunya sajadah yang digunakan untuk di rumah akan berbeda dengan sajadah travel atau sajadah lainnya.

Dengan perkembangan setiap tahunnya, sajadah hadir dengan berbagai bahan dan model yang beragam. Seperti bahan wol, tenun, hingga sutera. Motif dan ornamennya juga dihiasai dengan motif geometris, bunga, atau simbol-simbol yang islami seperti ka'bah atau masjid. Untuk itu, cara mencucinya pun akan berbeda sesuai dengan bahannya. 

Yuk simak informasi lengkap tentang cara mencuci sajadah yang tepat dalam artikel ini.

Baca juga: Berlibur Makin Nyaman dengan Sajadah Travel yang Ringan dan Praktis

Cara Merawat Sajadah yang Awet dan Tepat

Dalam merawat sajadah, ketahuilah bahan sajadah yang Anda miliki. Hal ini akan memudahkan dalam melihat bagaimana cara merawat sajadah yang benar. Lalu, inilah beberapa cara merawat sajadah yang awet dan tepat: 

  1. Untuk sajadah yang berbahan sutera, Anda dapat membersihkannya dengan rutin melakukan dry cleaning. Metode itu digunakan untuk menjaga serat kain sutera tetap awet dan tidak mudah rusak.
  2. Cara merawat sajadah yang berbahan karpet atau seperti karpet dengan rutin di-vacuum atau menyikatnya dengan sikat yang halus. Anda dapat melakukan hal tersebut dua kali dalam seminggu. 
  3. Ketika ingin mencuci sajadah berbahan bludru atau tenun, Anda bisa langsung mencucinya dengan cara cuci seperti umumnya kain biasa. Tapi, pastikan Anda memisahkan sajadah dengan pakaian lain karena sajadah bludru mudah luntur.
  4. Jika tidak digunakan, lebih baik sajadah digulung dengan posisi bagian gambat atau tempat sujud berapa di dalam. Hal ini untuk mencegah sajadah dari terkenal debu atau kotoran.
  5. Dalam proses mencuci sajadah, jangan memeras sajadah terlalu kuat. Perasan yang terlalu kuat akan membuat kain mudah rusak dan merenggangkan serat kain.
  6. Bagi Anda yang terbiasa mencuci dan mengeringkan pakaian dengan mesin cuci, ketika mencuci sajadah sebaiknya tidak dikeringkan dengan mesin cuci. Anda dapat mengeringkan sajadah yang telah dicuci dengan cara diangin-anginkan saja.
  7. Anda juga harus menghindari menjemur langsung di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat membuat sajadah akan mudah lapuk.

Setelah mengetahui tentang cara merawatnya, selanjutnya, Anda pasti bertanya-tanya cara mencuci sajadah yang benar bukan? Apalagi jika Anda menggunakan mesin cuci, apakah bisa dan bagaimana caranya? Intip penjelasannya berikut.

Cara Mencuci Sajadah dengan Mesin Cuci

Selain mencucinya secara manual atau menyerahkan ke laundry, Anda bisa mencucinya dengan menggunakan mesin cuci. Namun, tentunya nggak semua jenis bahan sajadah bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Inilah beberapa cara mencuci sajadah dengan mesin cuci yang benar:

1. Pisahkah dari Pakaian Lain

Ketika mencuci sajadah, baiknya dipisahkan dari pakaian lain. Hal itu untuk mencegah apabila bahan sajadah ternyata luntur selama proses mencuci dan merusak warna pakaian lain. Selain itu, memisahkan sajadah dengan pakaian lain adalah untuk menghindari dari najis-najis yang bisa saja tak sengaja tertempel.

2. Perhatikan Label Sajadah

Setiap pakaian umumnya memiliki label pakaian yang dapat digunakan untuk melihat cara mencuci dan merawatnya. Anda dapat memperhatikan label sajadah itu untuk mencegah kerusakan atau kesalahan dalam mencuci sajadah.

3. Bilas dengan Air Mengalir

Setelah dicuci, ada baiknya membilas air yang mengalir. Hal ini dilakukan untuk memastikan kotoran yang menempel dan telah disikat akan terbilas dengan baik.

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234