Image
Google

Jenis-jenis Scan atau Scanner yang Sering Ditemui dan Perlu Kamu Ketahui

Scan merupakan sebuah proses memindai dokumen yang akan diubah menjadi data digital berupa soft copy. Sedangkan scanner adalah alat yang dipergunakan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Pada dasarnya proses scan menggunakan sensor cahaya di dalam scanner. Setelah pemindaian menggunakan sensor selesai, maka hasilnya dapat dilihat pada layar komputer dan disimpan dalam bentuk soft copy seperti PDF dan JPG.

Jenis Scanner yang Sering Ditemui

Di Indonesia penggunaan scanner cukup meningkat karena kebutuhan akan data digital juga makin tinggi. Dokumen-dokumen yang sebelumnya hanya berbentuk hard-copy sekarang juga diperlukan dalam bentuk soft copy.

Oleh sebab itu, berbagai jenis scan makin banyak dibutuhkan dan scanner sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan objek pindainya yaitu:

1. Drum Scanner

Scan benda-benda datar dengan ukuran besar biasanya menggunakan jenis pemindai drum. Seperti namanya, pemindai ini berbentuk drum dengan resolusi tinggi dan detail sangat baik yaitu 24000 pixel per inch. Drum scanner mampu mendapatkan hasil gambar yang pas dan tidak mengalami distorsi atau getaran, sanggup memindai objek datar atau kertas berukuran besar dan mengubah menjadi file digital.

2. Flatbed Scanner

Scan tersebut merupakan kegiatan memindai gambar maupun dokumen lalu menjadikan file digital, jadi wajar saja apabila mesin ini banyak ditemukan di kantor-kantor. Biasanya jenis yang digunakan di kantor adalah flatbed scanner karena jenis ini kompatibel dengan ukuran kertas standar seperti legal, letter, A4, hingga A3. Namun kebanyakan yang beredar di Indonesia berukuran hingga A4 saja.

3. Film Scanner

Jenis scan berikut mengandalkan teknologi negatif film dan hanya dapat memindai dalam bentuk negatif film saja, tidak untuk objek dokumen bentuk lainnya. Keunggulan film scanner mampu mengubah objek dalam film negatif menjadi soft-copy.

4. Hand Scanner

Scan merupakan kegiatan memindai dokumen yang dilakukan menggunakan alat pemindai, namun bukan hanya dokumen saja yang dipindai tapi juga barcode, bawaan seseorang, dan lain sebagainya. Fungsi dari pemindai tangan portable ini adalah untuk melakukan pemindaian tersebut, bentuknya minimalis sehingga memudahkan dibawa ke mana-mana.

5. Roller Scanner

Hampir sama seperti flatbed scanner karena mampu memindai objek fisik berbentuk lembaran yang diletakkan di dalam. Bedanya adalah cara metode pemindaian dengan menarik dokumen atau kertas ke dalam mesin untuk memindai lalu mengeluarkan pada ujung. Ada dua macam jenis roller scanner yaitu Automatic Document Feeder (ADF) yang dapat memindai dalam jumlah banyak namun satu per satu cara masukin nya, kemudian ada Sheet Feeder (SF) dengan bentuk lebih kecil dan dapat digunakan sebagai pemindai portable.

Jika kamu tidak punya scanner sendiri tidak perlu khawatir, sebab kamu bisa menggunakan jasa scan dari Snapy. Kamu juga bisa langsung datang ke tempat kami yang menyediakan jasa scan terdekat.

Hubungi Snapy di website atau langsung chat whatsapp admin ya.

Baca juga: Mengenal Dan Pengertian Scan Dokumen

Categories: Info


Cari Artikel

Popular Posts

1
2
3

Jenis-jenis Reklame Berdasarkan Kebutuhan

4
5

Jenis-jenis Buku Agenda Yang Perlu Diketahui

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234