Source image: Google
Jenis Nota Kosong untuk Berbagai Jenis Transaksi Penjualan
Penggunaan nota kosong bukanlah hal asing dan cukup familiar terutama saat melakukan pembelian. Nota kosong banyak dimanfaatkan sebagai barang bukti transaksi yang sah. Pihak yang melakukan transaksi sangat bervariasi. Mulai dari perusahaan kantoran hingga pedagang. Dikutip dari accurate.id, nota kosong atau kwitansi kosong adalah dokumen fisik yang digunakan untuk mencatat transaksi. Pedagang maupun perusahaan yang bekerja di bidang digital atau secara online, banyak menggunakan nota dalam bentuk soft copy.
Nota kosong juga dikenal dengan sebutan bon, kwitansi, ataupun struk. Namun, terlepas dari berbagai pengertiannya, nota kosong memiliki fungsi yang sama. Salah satunya untuk menjadi bukti transaksi atau alat mencatat transaksi. Saat melakukan transaksi penting, maka benda yang sangat kamu perlukan adalah kwitansi kosong sehingga kamu dapat mengetahui waktu terjadinya transaksi dan seperti apa transaksinya.
Jenis nota yang beragam, membuat penggunaan nota kosong dapat kamu temukan dalam tiga jenis nota yang digunakan dalam berbagai keadaan saat transaksi. Berikut ini penjelasan jenis nota kosong:
Nota Kontan
Nota kontan adalah jenis kwitansi kosong yang digunakan dalam transaksi pembelian tunai. Jenis nota ini mudah kamu temukan karena sebagian besar toko menggunakan nota ini. Umumnya, nota kontan terdiri dari jenis dua salinan utama, satu untuk pihak pemilik toko atau penjual dan satu lagi untuk konsumen. Hal ini untuk agar baik penjual maupun pemebli memiliki salinan nota yang dapat digunakan ketika nanti terjadi kesalahan.
Nota Kredit
Sama seperti namanya, nota kredit merupakan nota yang dibuat setelah terjadinya transaksi penerimaan barang yang sudah dijual secara kredit pada pihak yang bersangkutan. Barang tersebut merupakan berbagai barang yang tidak bisa memenuhi pesanan, sehingga dikembalikan pada penjual.
Nota Debit
Nota debit merupakan nota yang dibuat pada kegiatan pengembalian barang yang telah dibeli secara kredit atau juga pengurangan pada harga faktur karena produk mengalami kerusakan atau penurunan kualitas. Setelah itu, pemilik toko pun akan menunggu respon dari produsen barang untuk menindaklanjuti. Saat mendapatkan tanggapan, maka penjual dapat mencatat penyesuaian arsip dokumen toko.
Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!
Mengapa harus Snapy?
- Service Guaranty
Apabila terjadi kesalahan cetak, maka pelanggan akan mendapatkan potongan sebesar 20% atau pembuatan produk ulang hingga benar.
- Bekerja sama dengan Gosend
Melayani pengiriman di hari yang sama, dikirim dari cabang terdekat dari lokasi pelanggan.
Dapatkan penawaran khusus jika berkunjung langsung di cabang terdekat Anda*
*Syarat dan ketentuan berlaku
Hubungi Whatsapp Snapy segera dan dapatkan penawaran harga menarik. Kamu juga bisa konsultasikan kebutuhan cetak, promosi, dan branding di Snapy!
Categories: Info