Image
Pexels

Agar Tak Salah Buat, Kenali Dulu Jenis Stiker Vinyl berdasarkan Dua Faktor ini!

Stiker vinyl merupakan stiker yang terbuat dari bahan vinyl yang memiliki karakter fleksibel, lentur, dan cocok digunakan untuk kebutuhan desain pada luar ruangan atau outdoor. Biasanya stiker ini memiliki permukaan tampilan yang putih atau transparan. Lapisannya terlihat mengkilap atau glossy. 

Hasil cetaknya, bahan stiker vinyl memiliki tampilan yang elegan dan terlihat mewah. Rancangan desain dapat dibuat dengan warna yang beragam dan sekompleks apapun. Seperti halnya stiker pada umumnya, stiker ini bisa dibuat desain stiker dengan sesuka hati tanpa batasan. 

Untuk itu, ini dia karakteristik stiker vinyl: 

  1. Permukaan tampilan yang mengkilap atau glossy
  2. Dapat mencetak desain stiker yang kompleks
  3. Memberikan hasil cetak dengan beragam warna solid hingga gradasi.

Setelah mengetahui karakteristiknya, kamu dapat mengetahui jenis stiker vinyl dibedakan dalam dua faktor. Yuk baca penjelasannya!

Jenis Stiker Vinyl sesuai Metode Perekatan

Dilihat dari cara perekatannya, stiker vinyl dibedakan dalam dua jenis:

  • Adhesive Vinyl

Jenis sticker vinyl yang pertama ini banyak digunakan oleh percetakan stiker. Biasanya terdapat lapisan perekat (adhesive) yang terdapat di belakang kertas. Perekat tersebut digunakan untuk memudahkan ketika dilepas dan ditempelkan pada permukaan lain. 

Jenis Adhesive vinyl terbagi dalam dua jenis stiker lagi. Pertama, stiker dengan lapisan dasar putih, kedua, stiker vinyl dengan lapisan transparan atau bening.

  • Heat Transfer Vinyl (HTV)

Stiker vinyl yang kedua merupakan jenis stiker yang membutuhkan proses penyaluran panas untuk digunakan. Biasanya prosesnya dimulai dengan penyaluran panas ke permukaan dengan bantuan transfer paper. Biasanya jenis stiker ini digunakan dalam metode sablon kaos.

Kedua jenis stiker ini memiliki karakter yang hampir sama. Terlihat dari kelenturan bahan, keawetan, hingga bahan yang tahan  dari cipratan air.

Satu hal yang membedakan dalam dua jenis stiker ini adalah proses penempelannya. Jenis Adhesive hanya perlu menempelkan pada permukaan keras atau rata. Sedangkan jenis HTV lebih difokuskan pada produk garmen atau aplikasi pada bahan kain atau tekstil.

Baca juga: Beda dari yang lain, Inilah Keunikan dan Jenis Stiker Hologram!

Jenis Stiker Vinyl sesuai Tinta yang Digunakan

Selain dibedakan dengan faktor perekatnya, bahan vinyl stiker juga dibedakan dalam beberapa jenis tinta yang dipakai. Hal tersebut dibedakan dalam:

  1. Stiker vinyl yang menggunakan tinta solvent
  2. Stiker vinyl yang menggunakan tinta ecosolvent
  3. Stiker vinyl yang menggunakan tinta latex
  4. Stiker vinyl yang menggunakan tinta UV

Keempat jenis tersebut memiliki perbedaannya masing-masing. Tinta solvent lebih baik digunakan dalam font besar di atas 15 pt dan cocok digunakan untuk penggunaan luar ruangan atau outdoor.

Kebalikan dengan ecosolvent yang lebih cocok digunakan untuk stiker yang ditempel di dalam ruangan atau indoor. Tinta latex biasanya digunakan baik indoor maupun outdoor dengan penggunaan tinta yang tidak bau zat kimia.

Sedangkan pada tinta UV memiliki keunggulan dibandingkan jenis tinta yang lain. Stiker yang dicetak dalam tinta UV lebih awet. Hal ini karena tinta UV tahan terhadap sinar matahari dan memiliki lapisan anti gores. Dengan keunggulan tersebut maka tak heran jika jenis stiker ini lebih cocok dipakai dan ditempel pada luar ruangan atau outdoor.

Itulah dua jenis stiker vinyl yang paling umum. Dengan mengetahui jenisnya, kamu jadi lebih tahu bagaimana proses mencetak stiker, dan stiker apa yang kamu butuhkan.

Yuk segera cek website Snapy untuk melihat beragam contoh desain stiker vinyl. Kamu juga bisa bawa sendiri hasil desainmu dan cetak dengan mesin digital printing kami yang terbaik!

Categories: Produk

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234