Image
Snapy

Makna dan Tips Angpao Dalam Tradisi Imlek

Dalam tradisi Imlek bagi-bagi Angpao sudah menjadi keharusan yang tidak bisa ditinggalkan. Angpao adalah amplop merah yang berisikan uang didalamnya. Angpao biasanya diberikan oleh orang tua, kakek-nenek atau kerabaat yang lebih tua kepada anak-anak sebagai hadiah tahun baru Imlek.

Sekedar info, Angpao dalam bahasa Mandarin sebutannya hongbao sedangkan dalam bahasa Kanton sebutannya Lai see. Nah, Istilah "paket merah" juga mulai umum digunakan, meskipun tampilan dan fungsi hongbao lebih seperti amplop daripada paket atau kantung.

Baca juga:: Makna dan Tips Angpao Dalam Tradisi Imlek

  • Makna Angpao

Makna sebenernya yang terpenting adalah kertas merahnya bukan isinya. Membungkus uang keberuntungan dalam amplop merah diharapkan dapat memberikan lebih banyak kebahagiaan dan berkah bagi penerimanya. Karenanya, tidak sopan membuka amplop merah di depan orang yang memberikannya.

Angpao biasanya diberikan pada malam tahun baru Imlek atau pas tahun baru Imlek. Disaat itulah orang tua menyiapkan amplop merah berisikan uang dan memasukannya ke dalam saku anak. Angpao diberikan dan diterima hanya diantara keluarga.

  • Tips Memberikan Angpao

  1. Hindarkan memberikan uang kertas yang kotor atau kusut karena tradisinya hanya memasukkan uang baru ke dalam amplop merah atau Angpao. Biasanya ketika seminggu menjelang Tahun Baru Imlek, telah banyak yang mengantri panjang di bank untuk menukar uang lama dengan yang baru.
     
  2. Hindari juga memasukan koin dalam amplop. Selain itu juga hindari memberikan jumlah dengan angka 4. Alasannya, angka '4' dalam bahasa Cina terdengar seperti 'kematian', jadi ini dianggap sial. Angka genap, kecuali empat, lebih baik dari pada ganjil. Yang terbaik adalah jika jumlahnya dimulai atau diakhiri dengan delapan, seperti 800 yuan, karena dianggap meningkatkan keberuntungan.
     
  3. Siapkan amplop merah sebelumnya dan selalu bawa beberapa amplop selama 16 hari saat Tahun Baru Imlek (dari Malam Tahun Baru hingga Festival Lentera). Jika kamu bertemu seseorang yang kamu kenal, kamu tidak perlu repot mencari amplop merah.
     
  4. Pada saat kamu ingin memberikan amlop merah siapkan tanda khusus untuk jumlah uang yang berbeda. Maksudnya agar kamu tidak kebingungan.

Sudahkah menyiapkan Angpao untuk besok merayakan Imlek? Cobalah Angpao custom dari Snapy dengan desain yang keren hanya DISINI

Categories: Event

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747