Image
Source image: Google

Mengenal Bentuk Stempel Dan Fungsi Untuk Bisnis

Stempel saat ini semakin bervariasi, hal tersebut karena disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pihak, mulai dari individu dan institusi formal ketika mereka sedang melakukan kegiatan proses surat-surat resmi.

Stempel biasanya digunakan sebagai identitas yang dapat mewakili individu atau institusi dan benda ini sudah ada sejak dinasti Yin dan Shang di Negara China untuk pendukung surat penting. Sampai sekarang stempel masih dimanfaatkan untuk pengesahan dokumen resmi mulai dari proposal, kontrak perjanjian dan surat-surat.

4 Model Stempel Yang Popular

1.         Lingkaran – Bentuk ini sering digunakan untuk instansi pemerintah, sekolah, organisasi, dan perusahaan. Bila melihat secara visual bentuknya formal sehingga sering dimanfaatkan untuk pengesahan dokumen resmi yang tulisannya melingkar.

2.         Oval – Bentuk ini biasanya juga dipakai institusi resmi sekolah dan pemerintah untuk kepentingan khusus, misalnya untuk keperluan event, subdivisi lembaga, dan cap perpustakaan sehingga sifatnya mengikat pengguna cap tersebut.

3.         Segi Empat – Bentuk yang satu ini biasanya digunakan untuk hal-hal yang bersifat sementara, jadi bila acara tersebut sudah selesai maka stempel sudah tidak berlaku. Bentuk cap ini juga hanya dipakai untuk tim kecil.

4.         Bebas – Bentuk cap ini biasanya dipakai lembaga/ perusahaan informal, misalnya untuk komunitas tertentu, jadi bentuknya terkadang dibuat sesuai dengan filosofi yang diusung sehingga bebas dalam artian teknik, bentuk, dan warna.

Fungsi Stempel untuk Kebutuhan Bisnis

Cap tersebut sangat penting keberadaannya karena punya kekuatan hukum yang mengikat, jadi tidak semua bisa menggunakan dengan asal. Berikut adalah beberapa fungsinya untuk bisnis di antara lain:

1.         Sebagai bentuk pengesahan dokumen mulai dari ketika menyelesaikan transaksi penjualan dan sebuah kontrak perjanjian. Selain itu, stempel juga digunakan untuk pelengkap pengesahan instansi yang membubuhkan tanda tangan di isi dalam dokumen.

2.         Sebagai pendukung keputusan. Untuk memperkuat keputusan perusahaan/ lembaga yang sedang menyelenggarakan rapat maka dibutuhkan stempel seperti ini sehingga selain ada tanda tangan pimpinan juga harus ada cap sebagai bukti notulen rapat.

3.         Sebagai bentuk tanggung jawab antara dua pihak sehingga cara penggunaannya harus hati-hati, terlebih bila dokumen-dokumen berkaitan dengan pihak luar (Government to Government), maka keberadaannya harus disimpan pada tempat aman sehingga tidak terjadi hal yang merugikan pihak masing-masing.

Jadi itu tadi adalah sedikit informasi tentang bentuk dan fungsi cap tersebut, bila Anda membutuhkan pemesanan stempel biasa atau stempel embos yang sesuai kebutuhan, silahkan hubungi KAMI agar mendapatkan harga yang terbaik.

Baca juga: Fungsi Stempel Untuk Menandakan Keabsahan Suatu Dokumen

Categories: Produk


Cari Artikel

Popular Posts

1
2
3

Jenis-jenis Reklame Berdasarkan Kebutuhan

4
5

Jenis-jenis Buku Agenda Yang Perlu Diketahui

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234