Image
Source image: Google

Pilihan Jenis Lampu Neon Box yang Lebih Terang dan Hemat Energi

Neon box merupakan salah satu produk branding yang berguna untuk menarik minat calon konsumen ketika melewati toko atau tempat usaha Anda. Dalam usaha melakukan branding, produk ini cukup efektif, menarik, dan tahan lama. Neon box bulat terdiri dari bahan lapisan luat yang terbuat dari akrilik dan bagian dalam neon box yang berisi lampu neon led. Apa itu led? 

LED adalah singkatan dari Light Emitting Diadoe. Jenis lampu ini dikenal lebih hemat energi dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Selain untuk penggunaan neon box, lampu led telah sering digunakan untuk berbagai barang lainnya seperti monitor hp, TV, hingga laptop. Dengan perkembangan yang semakin maju, LED juga digunakan sebagai lampu rumah, lampu jalan, hingga lampu reklame.

Untuk media promosi, LED digunakan sebagai bahan lampu dalam pembuatan neon box. Fungsinya untuk memberikan pencahayaan yang lebih terang pada desain neon box atau tulisan yang dipasang di depan gedung, toko, kantor, atau tempat usaha. Banyak masyarakat yang telah berpindah dari lampu jenis biasa menjadi lampu led karena merasa lebih banyak memiliki kelebihan. Lalu, apa saja jenis lampu LED yang digunakan untuk neon box? Simak penjelasannya berikut!

Baca juga: Bingung Pilih Neon Flex, Neon Sign, atau Neon Box? Yuk Intip Perbedaannya Berikut

Jenis Lampu Neon LED yang digunakan dalam Neon Box

Untuk memberikan kesan yang menarik, lampu LED dibuat menarik dengan pancahayaan yang terang. Lampu yang digunakan dapat terlihat dengan baik karena neon box tertutupi oleh bahan visual dan plat penutupnya. Inilah beberapa penerangan lampu neon yang digunakan:

1. Lampu Neon TL (Non LED)

Lampu ini merupakan jenis lampu generasi pertama yang digunakan dalam pembuatan neon box. Lampu neon box ini belum banyak tersedia di pasaran dan harganya relatif lebih mahal. Lampu ini memiliki kekurangan yaitu pada konsumsi watt yang lebih besar dibandingkan jenis lampu led yang lebih hemat energi. Namun, lampu ini akna terlihat lebih terang dan warna putihnya lebih bersih dibandingkan dengan lampu led. Ukuran lampu neon ini memiliki panjang 120 cm untuk 36 watt dan 60 cm untuk yang 18 watt. Jika menggunakan lampu ini, Anda perlu menambahkan ballast atau travo untuk lampunya. Anda bisa menggunakan lampu ini untuk satu atau dua sisi dengan jumlah yang sama.

2. Lampu Neon TL LED

Lampu ini tak berbeda jauh dari jenis lampu neon tube non led. Perbedaannya hanya terletak pada penggunaan lampu led yang digunakan. Lampu LED mengklaim lebih hemat 50% hingga 80%. Ketahanannya sama saja dengan lampu neon tube merk Philips yakni 12.000 jam sesuai dengan keterangan yang ada dalam kemasan. Selain itu, jika lampu neon tube memerlukan ballast/travo, lampu neon tube led tidak memerlukan barang itu alias bisa langsung digunakan dengan mencolok ke listrik. Harga lampu neon box ini lebih mahal 30% daripada lampu neon biasa.

3. Lampu LED Modul

Seiring perkembangannya, lampu led sudah digunakan dalam penggunaan desain neon box. Lampu led yang digunakan cukup bervariasi dari ukuran dan bentuknya. Ada yang memiliki satu hingga empat mata. Dari variasi mata tersebut juga tersedia dalam ukuran yang besar atau kecil. Biasanya, jenis neon box yang sering digunakan adalah jenis neon box satu sisi dengan lampu led yang memiliki modul besar 3 mata. Ukuran panjangnya berkisar 6,5 cm dan ukuran lebarnya 1,5 cm. Terdapat kabel berukuran 8 cm yang menjadi penghubung antar modul. Konsumsi lampu LED modul bervariasi dari 1,2 watt hingga 1,5 watt. 

Itulah tiga jenis lampu led yang umum digunakan dalam neon box akrilik. Tentunya beberapa lampu tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya. Harga neon box juga pastinya tergantung dengan pemakaian lampu yang dipakai. Info lengkapnya klik DI SINI dan temukan pilihan neon box bulat yang berkualitas dengan harga yang murah.  

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234