Image
Source image: Google

Tak Sulit Melepas Wallpaper Dinding, Simak Caranya Berikut Ini

Memperindah tampilan dinding ruangan selain mengecat ruangan adalah salah satunya memanfaatkan penggunaan wallpaper dinding. Penggunaan wallpaper dinding merupakan cara yang praktis untuk memperindah interior ruangan jadi semakin indah.

Bagi sebagaian orang ada yang masih kesulitan melepas wallpaper yang telah lama dipasang dikarenakan bila dilepas akan merusak lapisan dindingnya. Dilansir dari ahli pemasangan wallpaper asal New York, George Kovacs menjelaskan bahwa tidaklah sulit melepaskan wallpaper yang telah lama dipasang.

Berikut cara melepas wallpaper dinding secara mudah dan cepat:

  • Lindungi furnitur

Saat melepas wallpaper dinding sebaiknya lindungilah furniture Anda dan permukaan ruang selain dinding.

Dengan menggunakan selotip, plastik, maupun kain, maka furnitur di dalam ruangan pun akan terlindungi selama proses pelepasan wallpaper.

  • Gunakan pengikir

Tujuan penggunaan ujung pisau pengikir dalam melepas wallpaper adalah untuk menambal bagian dinding tempat wallpaper tua yang bagian tepinya sudah mengelupas bahkan robek.

Secara perlahan, mullailah melepas wallpaper dari bagian yang sudah terbuka itu supaya lebih mudah dan tidak merusak dinding.

  • Semprotkan air hangat

Air hangat diperlukan untuk mempermudah pelepasan wallpaper yang sudah terkelupas, namun masih sulit untuk dilepas dengan menggunakan pengikir.

Cukup semprotkan air hangat secukupnya pada bagian wallpaper yang terkelupas itu, maka uap panas akan membuat wallpaper menjadi lebih mudah dilepas dari dinding.

  • Diamkan hingga air meresap

Setelah disemprot dengan air hangat, tunggu beberapa menit hingga air meresap hingga ke semua bagian wallpaper baru kemudian kikis dengan pengikir.

Namun, apabila masih sulit juga, coba tambahkan cuka apel ke dalam air hangat dan semprotkan kembali ke wallpaper.

Karena cara ini akan menimbulkan bau yang menyengat, maka lakukan dengan hati-hati supaya tidak mengenai perabotan di sekitarnya dan menyebabkan dinding berlubang.

  • Bersihkan dinding

Langkah selanjutnya, setelah semua wallpaper terlepas, yakni mencuci dinding untuk menghilangkan sisa primer, lem, atau pasta.

Untuk mencuci dinding, Kovacs merekomendasikan untuk membasahi spons dengan air lalu usapkan pada dinding beberapa kali.

Karena begitu krusialnya langkah ini, jika tidak dilakukan dengan benar, dapat mempengaruhi pengecetan ulang atau pemasangan wallpaper setelahnya.

Bahkah wallpaper baru yang dipasang akan menggelembung dan gagal menempel karena dinding tidak dibersihkan dengan baik.

Terakhir, setelah memastikan dinding bersih dari noda dan perekat, jangan lupa keringkan dan bisa juga mengikir dinding lagi untuk memastikan bahwa permukaan dinding sudah halus sebelum memasang wallpaper yang baru.

Baca juga: Pilihan jenis kertas wallpaper dinding untuk menembah kesan cantik elegan interior rumah

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747