Image
Unsplash

Tips Bekerja Di Coworking Space Ditengah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 membawa dampak buruk bagi perekonomian di tanah air. Banyak sektor mengalami kerugian dan sampai saat ini kasus aktif terus meningkat. Meski begitu pemerintah masih mengizinkan beberapa sektor bisnis untuk kembali work from office (WFO).

Bagi Anda yang memilih bekerja di Coworking space atau bukan kantor biasa di saat pandemi seperti sekarang ini, menjaga kesehatan haruslah perlu perhatian khusus meski protocol kesehatan terus diterapkan

Semenjak pandemic terjadi penurunan pengunjung coworking space sebesar 71.67%,  dan ini diambil dari survei yang dilakukan oleh Coworker lalu pembaruan membership turun 40.8%, dan pendaftaran member baru juga turun sebesar 67%.

Semua itu disebabkan oleh pandemi Covid-19 dan kekhawatiran dari segi kesehatan.

Di saat seperti sekarang ini apakah diperbolehkan bekerja di Coworking Space? Mengingat banyak perusahaan telah mengambil langkah untuk bekerja di rumah atau lebih dikenal WFH (Work From Home ) dengan tujuan untuk mengurangi resiko penularan virus Covid-19.

Mungkin bekerja di rumah ada berbagai macam kendala seperti koneksi di rumah tak bisa diandalkan untuk melakukan meeting terus-menerus dan keadaan yang kurang nyaman bekerja di rumah.

Maka itu tempat yang bisa diandalkan jawabannya adalah bekerja di Coworking. Mungkin mengingat coworking space adalah tempat berkumpulnya banyak orang yang ingin bekerja di luar kantor maka setidaknya kita harus mengikuti tips agar tetap terlindungi dari penularan virus. Simak beberapa tips berikut:

Tips Kerja di Coworking Space saat Pandemi

  • Tetap Memakai Masker

Tips pertama adalah tetap memakai masker kecuali bila kita ingin makan atau minum atau saat diperlukan melepas masker sebentar. Disarankan juga bila setelah beberapa jam penggunaan masker kamu juga bisa mengganti masker agar yang digunakan terus dalam keadaan bersih.

  • Selalu jaga jarak

Salah satu kekurangan kerja di coworking space saat pandemi adalah ruangan indoor dan diisi oleh cukup banyak orang.

Maka dari itu, penting bagimu untuk terus menjaga jarak.

  • Rajin mencuci tangan

Jaga kebersihan tangan dengan cara selalu mencuci tangan mengikuti semua protokol kesehatan yang diberikan oleh pemerintah.

Pasalnya, ketika bekerja di coworking space, kamu akan berbagi ruang dengan orang lain.

Maka dari itu, pastikan kamu sering cuci tangan dengan hand sanitizer atau bila perlu bawalah sabun cuci tangan sendiri.

  • Sterilkan permukaan yang dipakai bersama

Sebelum memakai fasilitas apa saja yang disediakan baiknya bersihkan menggunakan disinfektan dengan tujuan memastikan bahwa ruangan yang digunakan terjaga kebersihannya.

Pasalnya, bisa saja ada virus yang mengontaminasi sebuah permukaan atau aerosol dan bertahan di dalam ruangan selama berjam-jam.

Kalau harus bekerja di coworking space saat pandemi, pastikan kamu rutin menyemprotkan disinfektan ke permukaan meja dan kursi, toilet, dan gagang pintu yang harus dibuka.

Kamu juga bisa menggunakan disinfektan khusus untuk melawan virus yang disebarkan melalui partikel aerosol sebelum masuk ruangan.

  • Bersih-bersih ketika sampai dirumah

Setelah kerja di coworking space atau pergi ke mana pun itu, saat pandemi seperti ini wajib bagimu untuk langsung bersih-bersih di rumah. 

Lepas sepatu di luar, semprot tas dan barang lain yang dibawa menggunakan disinfektan, buang masker sekali pakai di tempat sampah tertutup, lalu bergegaslah ke kamar mandi.

Baju dan masker (kain) yang tadi digunakan pun harus langsung dicuci terpisah, menggunakan cairan disinfektan agar benar-benar steril. Setiap pulang kerja dan dari tempat ramai, usahakan untuk keramas juga, ya.

Itulah tips bila kerja di coworking space ditengah pandemi covid-19, jangan sampai lengah!

Baca juga: Coworking space melakukan penyesuaian ditengah pandemi Covid-19

 

Categories: Coworking Space

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747