Source image: Google
Tips Desain Kalender Perusahaan yang Menarik dan Beda dari yang Lain!
Kalender adalah barang yang digunakan oleh setiap orang untuk melihat perubahan waktu seperti hari, tanggal, bulan, dan tahun. Salah satu fungsi dari kalender yaitu sebagai media promosi yang bagus untuk meningkatkan dan memberikan citra yang baik sebuah perusahaan kepada konsumen atau calon konsumennya. Kalender perusahaan atau calendar corporate memiliki pencitraan merek yang kuat, konten dan desain kalender yang menarik, serta setiap halamannya memiliki ruang kecil untuk fungsional sebagai catatan.
Kalender perusahaan dapat berupa kalender dinding atau kalender meja. Namun, yang harus diperhatikan adalah beberapa ide desain yang menarik dan tentunya berbeda dari kalender yang lain. Hal itu mengingat dalam satu ruang lingkup sebuah usaha aja, terdapat banyak perusahaan yang membuat kalender, maka Anda haruslah tampil paling menarik di antara yang lain.
Penasaran cara membuat desain kalender perusahaan yang menarik dan juga beda dari yang lain? Yuk simak artikel ini sampai akhir.
Baca juga: Ingin Promosi Usaha Jangka Panjang? Yuk Ketahui 5 Manfaat Kalender untuk Bisnis
8 Tips Membuat Desain Kalender Perusahaan yang Menarik dan Tepat Sasaran
Salah satu yang menjadi perhatian dalam membuat kalender perusahaan adalah Anda harus memastikan bahwa kalender Anda memiliki fungsi dan desain yang paling menonjol daripada kalender perusahaan kompetitor. Untuk itu, inilah 8 tips yang berguna untuk membuat kalender perusahaan:
1. Buatlah Sebuah Cerita
Hal pertama yang dapat Anda buat adalah merencanakan konten atau ide desain. Untuk membuatnya menjadi satu cerita dengan rapi, Anda dapat menjawab beberapa pertanyaan berikut:
- Apa yang akan diceritakan tahun ini?
- Bagaimana cerita tersebut relevan dengan situasi dan kondisi perusahaan saat ini?
- Apa bedanya cerita tahun ini dengan tahun sebelumnya?
- Bagaimana cerita bisa dipecah 6 atau 12 bagian?
- Siapa orang yang akan menggunakan kalender?
- Bagaimana konsumen relevan dengan cerita?
Setelah menemukan jawaban tersebut, nantinya akan terbentuk bagaimana nantinya desain kalender dibuat. Hal itu juga akan memudahkan Anda ketika mengerjakan desain karena tidak perlu lagi mencari ide di tengah-tengah mendesain. Sudah ada storyboard yang menjadi acuan dalam pembuatan desain.
2. Jaga Warna Khas Perusahaan
Setiap perusahaan tentunya memiliki logo dan warna khas perusahaannya masing-masing. Untuk membuat desain kalender 2022 Anda dapat menggunakan wanr perusahaan yang akan menjadi daya tarik dan ciri khasnya. Dalam beberapa perusahaan, warna perusahaan identik dengan warna logo atau warna latar belakang yang dominan digunakan dalam promosi dan pemasaran perusahaan.
3. Konsisten
Dalam membuat kalender perusahaan, hal yang menjadi perhatian adalah tingkat konsisten Anda. Karena sudah membuat storyboard dan rencana konten yang telah Anda buat, jangan diubah karena dapat merusak tampilan kalender. Ingatlah konsistensi tersebut penting sampai tahap titik, kontak, merek, dan penempatan. Tampilan yang konsisten juga dapat menandakan citra dan andalan merek.
4. Gambar Berkualitas Tinggi
Untuk membuat kalender, baik kalender duduk atau kalender dinding, pemilihan gambar berkualitas tinggi adalah hal yang penting. Sebenarnya hal ini juga berlaku untuk berbagai desain lainnya. Namun, untuk desain kalender menjadi hal yang penting. Mengingat kalender akan terpajang dan tergantung di kantor atau rumah selama setahun lebih, maka kesalahan kecil akan terlihat dan dirasakan jika gambarnya tidak memiliki kualitas yang bagus.
5. Gunakan Foto/Ilustrasi Asli
Untuk memberikan tampilan yang lebih menarik, Anda dapat membuat foto atau ilustrasi asli. Walaupun akan menambah anggaran dan waktu, tetapi itu akan terbayar karena akan menghasilkan hasil kalender yang beda dari kompetitor sebelah. Foto dan ilustrasinya juga memberikan kesan eksklusif yang tak dapat ditemukan di manapun.
6. Komunikasikan dengan Simbol
Anda dapat mengjelaskan dan berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan Anda dengan menggunakan simbol atau gambar deskriptif. Simbolisme tersebut merupakan alternatif untuk membuat konten kalender Anda menjadi suatu hal yang tidak terduga dan dapat menjadi ciri khas.
7. Promosikan Keahlian atau Produk
Karena judulnya kalender perusahaan, maka perlihatkan keahlian atau produk yang perusahaan tawarkan. Dibalik konten dan visual yang menarik, Anda dapat memasukkan produk yang menjadi andalan perusahaan, atau menunjukkan kalimat yang merupakan kalimat promosi yang tentunya disesuaikan dengan desain kalender.
8. Menerima Saran
Hal terakhir, kalender haruslah fungsional. Anda dapat meminta saran atau mencari berbagai masukan dan ide tentang kalender. Seperti misalnya apa saja yang dibutuhkan seseorang dalam desain kalender, berapa besar ruang yang dibutuhkan untuk catatan kecil dalam kalender, atau berapa ukuran kalender yang dibutuhkan mereka.
Itulah beberapa tips dalam membuat kalender perusahaan yang dapat menjadi patokan dan pertimbangan dalam membuat desain kalender. Untuk Anda yang menginginkan kalender dapat meliat infonya DI SINI!
Categories: Tips & Trick