Image
Source image: Google

Gunakan Amplop Lebaran, Inilah Tips Membagikan Uang THR untuk Anak-anak

Momen lebaran atau hari kemenangan pada Hari Raya Idulfitri memang tak jauh dari berkumpul bersama keluarga, terutama dengan keluarga yang sudah lama tidak bertemu. Dalam kumpul keluarga ini biasanya beberapa kegiatan dilakukan. 

Mulai dari makan bersama, mengobrol banyak hal, bermain game, hingga membagikan yang uang THR kepada anak-anak. Di Indonesia, istilah membagikan uang THR untuk anak-anak dikenal dengan tradisi 'salam tempel' alias bagi-bagi amplop. 

Berbeda dari THR yang diberikan perusahaan kepada karyawannya, amplop lebaran biasanya dibuat dalam pecahan uang kecil. Biasanya dibagikan untuk memeriahkan momen lebaran dan hadiah kepada anak-anak yang telah berpuasa selama bulan ramadhan.

Biasanya pemberian THR ini diberikan oleh orang tua atau orang yang sudah bekerja kepada anak-anak baik kepada saudara maupun tetangga terdekat. Meskipun terlihat kecil, jika tidak disiasati dengan baik tentu akan terasa berat. Apalagi dibulan ini banyak pengeluaran yang harus disiasati. 

Setelah sebelumnya, kamu menyiasati pengeluaran saat bulan ramadhan, sekarang yuk simak tips untuk mengatur uang amplop lebaran yang akan kamu bagikan dalam artike ini!

Tips Menyiapkan Uang THR Lebaran untuk Keluarga

Dalam pemberian THR, jumlah uang yang diberikan bukanlah sesuatu yang penting. Karena tujuan pemberian ini merupakan sebagai keseruan yang banyak ditunggu ketika lebaran tiba. 

Meskipun begitu, makin banyak saudara atau anak-anak yang diberikan, maka jumlah angpao lebaran akan semakin banyak. Ini dia tips membagikan uang THR lebaran:

1. Menyiapkan beberapa uang pecahan

Seperti biasa, menjelang lebaran, banyak orang yang menukarkan sebagian uangnya kepada beberapa uang pecahan yang akan dibagikan kepada sanak saudara. Kamu bisa mengikuti tips berikut:

  • Pecahan Rp 2.000 - 5.000 untuk anak balita hingga anak yang masih duduk di bangku SD. Pecahan uang tersebut diyakini tepat karena mereka belum punya banyak keperluan. Untuk memberikan amplop lebaran yang tebal, kamu bisa memberikan uang pecahan Rp. 5.000 maksimal 2 lembar atau uang pecahan Rp. 2.000 sebanyak 5 lembar.
  • Pecahan Rp 10.000 - 50.000 untuk anak remaja yang beranjak dewasa. Kamu bisa memberikan uang pecahan Rp. 20.000 untuk anak yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal ini karena kebutukan mereka lebih banyak dipakai untuk bermain bersama teman. Sedangkan untuk saudara yang sudah mahasiswa berikan uang pecahan Rp. 50.000 mengingat kebutuhan mereka untuk keperluan kuliah.

Agar terlihat lebih menarik, kamu bisa membuat desain amplop lebaran custom yang banyak tersedia di internet. Untuk mencetaknya kamu bisa melihat produk di percetakan Snapy. Amplop lebaran unik dan lucu nampaknya lebih cocok untuk diberikan ke anak-anak.

Baca juga: Punya Jadwal Buka Puasa Bersama yang Padat? Yuk Simak Tips Hemat Uang berikut!

2. Membuat daftar penerima THR

Setelah menyiapkan uang pecahan, langkah selanjutnya adalah membuat daftar penerima. Hal ini untuk menyiasati dari segala kemungkinan pengeluaran yang tidak terduga. 

Selain keluarga, terkadang kolega dan teman terdekat yang sudah memiliki anak pasti bersilaturahmi ke rumahmu. Nah, di sinilah kamu haris menyiasati dan membuat daftar siapa saja yang berhak menerima angpao darimu. 

Apalagi jika beberapa tamu yang datang membawa anak yang jumlahnya berbeda dari perkiraanmu. Maka penting untukmu mencatat siapa saja yang berhak menerima amplop THR yang kamu persiapkan. 

Tidak perlu selalu membagikan kepada semua anak-anak. Hal itu juga tidak berarti kamu pelit, tetapi kamu masih mengetahui dan mempunyai kebutuhan lain setelah lebaran selesai.

3. Alokasi dana untuk THR

Menukar uang pecahan, sudah, membuat daftar penerima sudah, nah, saatnya kamu tentukan alokasi dana yang akan dipakai untuk membagikan uang THR ini. Jika kamu mendapatkan uang THR dari kantormu, kamu bisa memberikan setengah atau beberapa persen untuk dibagikan kembali ke anak-anak. 

Sedangkan jika tidak, kamu perlu menyiapkan dana lain untuk dibagikan. Usahakan kamu tidak mengambil uang tabunganmu terlalu banyak ya. Perhatikan pula kebutuhan lain selama bulan ramadhan dan lebaran, terutama untuk kamu yang akan pulang kampung.

Bagian terakhir yang cukup penting dalam pemberian THR adalah ikhlas. Berapapun uang yang kamu berikan, dengan keikhlasan akan membuat pengeluaran apapun untuk pemberian THR ini jauh lebih ringan. 

Kamu juga akan mendapat pahala dan mendapatkan rezeki tambahan jika kamu ikhlas dalam menyenangkan orang lain ketika hari kemenangan tiba. Berlebaran jadi lebih menyenangkan kan?

Baca juga: Peluang Usaha Amplop Lebaran Unik, dari Cara Membuat hingga Strateginya!

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234