Image
Source image: Google

Ulasan Mengenai Poster Berdasarkan Tujuannya

Poster merupakan media penyampaian yang ditempat umum biasanya pengumuman atau iklan. Umumnya poster berbentuk selebaran yang telah didesain grafis yang berisi gambar dan kata-kata dan isinya memuat tentang informasi yang ditujukan kepada orang banyak.

Poster selain memberikan sebuah informasi juga bertujuan untuk mengajak dan menghimbau banyak orang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang tertera dalam poster. Poster pun terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tujuan dan isiannya. Di artikel ini akan membahas mengenai tujuan dan isian dari Poster, simak ulasannya:

Jenis-jenis poster berdasarkan tujuan

Berdasarkan tujuannya poster dibagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya adalah:

  • Poster Propaganda. Poster ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan motivasi atau semangat kepada khalayak banyak. Tidak hanya itu, poster propaganda juga dapat digunakan untuk mempengaruhi orang lain lho.
     
  • Poster Kampanye. Poster kampanye adalah sejumlah poster yang seringkali muncul pada musim pilkada atau pemilu. Tujuan dibuatnya poster ini tidak lain adalah untuk menarik simpati masyarakat banyak agar memilih calon wakil rakyat saat pemilu tiba.
     
  • Poster Afirmasi. Poster ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang persuasive.
     
  • Poster “Wanted”. Poster ini dibuat untuk mencari orang, benda, hewan peliharaan yang hilang atau hal-hal lain yang diperlukan.
     
  • Poster Film. Poster ini digunakan untuk media promosi film-film terbaru yang akan ditayangkan dengan tujuan menarik minat masyarakat untuk menonton film tersebut.
     
  • Poster Komik. Poster ini bertujuan untuk memperkenalkan sejumlah komik-komik kepada masyarakat.
     
  • Poster “Cheesecake”. Hampir sama dengan poster yang lain, poster ini bertujuan untuk menarik atensi dari masyarakat dengan memuat gambar-gambar orang terkenal mulai dari aktor, aktris, entertainer, dan lain sebagainya.
     
  • Poster Riset. Poster riset digunakan untuk menginformasikan kegiatan riset kepada kahalayak luas dan sering ditemui di sekolah-sekolah.
     
  • Poster Komersial. Poster ini juga disebut sebagai poster niaga. Tujuan pembuatan poster ini adalah untuk mempromosikan produk maupun jasa yang dijual oleh perusahaan.
     
  • Poster Kelas. Poster kelas adalah poster yang bertujuan untuk memberikan informasi berupa pengetahuan dan motivasi kepada siswa, dimana poster ini seringkali ditemui di kelas-kelas.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan roll up banner

Categories: Info

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0813 1664 5747