Image
Unsplash

Cara Menulis Alamat di Amplop Surat untuk Memudahkan Pengiriman!

Di era yang sudah serba digital ini, masih banyak perusahaan yang menerima dan menggunakan dokumen fisik untuk berbagai kebutuhan administrasi. Untuk itu maka amplop coklat akan membantu pengiriman dan menjaga surat penting hingga sampai ke penerima. Salah satu bagian penting dalam amplop surat adalah alamat penerima. Umumnya cara menulis alamat di amplop dapat menentukan seberapa penting isi amplop yang dikirim oleh perusahaan.

Penulisan alamat yang benar akan memudahkan kurir untuk membaca alamat dengan jelas dan mengurangi kemungkinan terjadinya amplop yang tersesat. Tak hanya itu, untuk para pelamar kerja, amplop lamaran kerja harus memiliki penulisan alamat yang jelas agar sampai pada tujuan.

Secara umum, tidak ada aturan baku dalam penulisan alamat. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah alamat pada amplop harus berisi data penerima dan data pengirima dengan jelas. Untuk lamaran pekerjaan, biasanya alamat amplop juga berisi posisi apa yang ingin dilamar.

Berikut penjelasan tentang penulisan alamat di amplop surat:

Baca juga: Jenis-jenis Amplop Surat Sesuai Kebutuhan

Bagian alamat di amplop surat

Di bagian alamat, tepatnya pada data pengirim, biasanya akan tercantum nama lengkap, alamat, serta nomor telepon atau handphone. Penulisan data pengirim dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis surat yang akan dikirim. Misalnya pada surat pribadi. 

Sedangkan pada data pengirim pada surat resmi, biasanya akan tercantum sebuah logo atau kop surat perusahaan yang menjelaskan instansi mana yang mengirim dan mengeluarkan surat tersebut. Pada bagian data penerima surat, akan tercantum sapaan, misalnya kepada Yth., nama lengkap penerima, alamat, nomor telepon hingga kode pos. 

Tak hanya cara penulisannya, peletakan alamat pada amplop juga perlu kamu perhatikan terutama bagian depan dan belakang amplop dengan teliti. Biasanya data penerima akan diletakkan di bagian pojok kanan bawah, sedangkan data pengirim berada di bagian pojok kiri atas. Beberapa jenis amplop perusahaan sudah memiliki kolom penerima sehingga kamu hanya perlu mengisinya dengan benar. Baik melalui print out atau tulisan tangan, alamat yang tertulis harus terbaca dengan jelas.

Baca juga: Inilah Daftar Harga Amplop Berdasarkan Jenis dan Ukuran Amplop

Cara penulisan alamat di amplop lamaran kerja

Untuk kamu yang ingin mengirim surat lamaran kerja yang tepat, maka harus memperhatikan amplop surat yang akan kamu kirim ke perusahaan. Berikut beberapa hal dalam menulis alamat pada amplop lamaran kerja:

  1. Surat lamaran kerja dapat menggunakan amplop coklat yang memiliki lilitan benang pada bagian belakang. Pastikan surat yang kamu kirim dalam keadaan rapi.
  2. Perhatikan penggunaan EYD dengan baik seperti penulisan huruf kapital, penulisan gelar, nama jalan, dan beberapa bagian amplop surat lainnya.
  3. Tulisakan posisi yang ingin kamu lamar pada bagian pojok kanan atas dengan jelas.

Berbeda dari mengirim email yang bisa dengan cepat diterima perusahaan, saat mengirim surat lamaran offline maka kamu perlu memperhatikan waktu yang dibutuhkan jasa ekspedisi tertentu. Pastikan amplop lamaran kerja tersebut sudah diterima perusahaan sebelum pendaftaran ditutup.

Cara penulisan alamat di amplop surat resmi

Surat resmi merupakan jenis surat yang biasa digunakan untuk berbagai kebutuhan surat dan dokumen di instansi, organisasi, maupun perusahaan. Meskipun sudah banyak menggunakan email atau surat elektronik, pengiriman surat resmi masih banyak yang menggunakan bentuk fisik sebelum akhirnya di scan untuk arsip.

Berbeda dari pengiriman surat biasa, amplop surat perusahaan memiliki bentuk resmi yang tercantum dalam penggunaan kop surat pada bagian amplop. Dalam kop surat ini akan tercantum nama instansi, organisasi, atau perusahaan yang mengirim surat tersebut.

Komponen dalam kop surat sudah termasuk nama instansi pengirim, alamat, kontak yang bisa dihubungi, hingga logo perusahaan tersebut. Pada bagian penerima, biasanya hanya perlu mencantumkan nama lengkap beserta gelas dan alamat penerima atau hanya menuliskan instansinya saja.

Baca juga: Inilah 5 Jenis Kertas Amplop Surat yang Biasa Digunakan sesuai Kebutuhan

Cara penulisan alamat di amplop surat pribadi

Surat pribadi merupakan jenis surat yang biasanya dikirimkan perorangan kepada orang lain yang cenderung lebih personal. Misalnya mengirim surat kepada sahabat pena. Meskipun penulisan amplop untuk surat pribadi tidak memiliki aturan tertentu. kamu bisa menuliskan nama penerima dan pengirim dengan jelas. Hal ini akan sangat membantu kurir membawa amplopmu hingga sampai kepada orang yang ingin kamu tuju.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet! 

Mengapa harus Snapy?

  • Service Guaranty

Apabila terjadi kesalahan cetak, maka pelanggan akan mendapatkan potongan sebesar 20% atau pembuatan produk ulang hingga benar.

  • Bekerja sama dengan Gosend

Melayani pengiriman di hari yang sama, dikirim dari cabang terdekat dari lokasi pelanggan.

Dapatkan penawaran khusus jika berkunjung langsung di cabang terdekat Anda*

*Syarat dan ketentuan berlaku

Hubungi Whatsapp Snapy segera dan dapatkan penawaran harga menarik. Kamu juga bisa konsultasikan kebutuhan cetak, promosi, dan branding di Snapy!

Categories: Tips & Trick

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234