Source image: Google
Jadi Hal Pertama yang Dilihat Konsumen, Inilah Tips Membuat Standing Pouch yang Memikat
Penggunaan kemasan produk menjadi hal yang paling dicari dan menjadi branding yang menarik untuk calon konsumen. Pada beberapa produk, kemasan yang menarik dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli atau mencoba produk Anda. Salah satu jenis kemasan yang cocok untuk produk makanan adalah standing pouch.
Kemasan jenis standing pouch saat ini cukup banyak digunakan dan dipakai oleh pelaku bisnis makanan. Hal ini mengingat kemasan ini efektif, karena selain dapat menjadi kemasan yang menarik, juga dapat menjaga keamanan produk.
Plastik standing pouch dilengkapi dengan beberapa fitur seperti zipper lock, v cut, atau plastik window yang akan terlihat menarik sebagai kemasan pouch. Pemiliki usaha dapat membuat desain yang menarik sesuai dengan produk yang dijual.
Lalu, bagaimana tips membuat standing pouch yang menarik? Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!
Membuat Desain Standing Pouch yang Murah dan Menarik
Dalam sebuah penelitian, otak manusia lebih tertarik pada tampilan yang sifatnya visual dibandingkan hanya tulisan berupa teks. Penelitian lain juga menyebutkan, sebanyak 81% konsumen tertarik untuk melakukan pembelian setelah melihat tampilan kemasan yang menarik untuk mereka.
Untuk itu, maka kemasan pouch memainkan peran penting untuk keberhasilan penjualan selain promosi usaha. Misalnya ketika calon konsumen melihat produk, bisa jadi yang awalnya mereka tidak berniat beli tetapi setelah melihat kemasan jadi tertarik untuk beli dan mencoba produk tersebut.
Berikut empat cara membuat kemasan produk yang menarik untuk meningkatkan penjualan:
1. Gunakan bahan kemasan yang tepat
Saat ini, tersedia banyak bahan kemasan standing pouch yang dapat menjadi pilihan. Produsen dapat menentukan jenis bahan kemasan apa yang paling tepat untuk produk mereka. Setiap bahan standing pouch memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Standing pouch plastik tersedia dalam beberapa bahan seperti bahan nylon, aluminium, PP, PET dan kertas kraft. Untuk membuat kemasan yang menarik, jenis standing pouch window dapat menjadi pilihan. Fitur window ini akan membuat konsumen dapat melihat sedikit tampilan dari isi produk tersebut.
Selain kemasan window, Anda juga bisa menggunakan lubang valve yang akan membuat calon konsumen menghirup aroma tertentu dari kemasan tersebut. Tentunya, tidak semua produk bisa menggunakan lubang ini. Aroma yang keluar dari kemasan akan membuat konsumen berminat untuk membeli produk tersebut.
2. Pilih ukuran standing pouch yang tepat
Selain tersedia dalam banyak bahan, standing pouch juga menyediakan beragam ukuran. Sebelum menentukan jenis kemasan, Anda dapat memperhatikan produk apa yang ingin dijual dan berapa ukuran standing pouch yang akan dijual dalam satu produk.
Anda bisa melakukan survei ukuran apa yang digunakan untuk produk sejenis dari yang Anda jual. Anda juga bisa berkonsultasi dengan jasa cetak kemasan. Umumnya, standing pouch yang tersedia dalam ukuran 10 g hingga 500 g atau 1 kg.
3. Buatlah desain sederhana yang menarik
Dibandingkan dengan standing pouch yang polos, desain standing pouch yang berwarna tentunya akan tampak lebih menarik untuk konsumen. Desain yang dibuat haruslah menunjukkan identitas produk atau perusahaan. Hal itu akan menjadikan konsumen akan mengingat ciri khas produk yang perusahaan tersebut keluarkan.
Buatlah desain yang sederhana tapi memikat. Anda bisa menambahkan elemen ilustrasi yang pas dan cocok untuk produk yang Anda jual. Buatlah tampilan kemasan yang eyecatching.
Jika produk tersebut tersedia dalam beberapa varian rasa, Anda bisa membedakannya dari warna kemasa, lho. Tentunya perbedaan itu akan membuat konsumen jadi tidak kebingungan mengenali varian produk tersebut
Selain itu, Anda dapat menggunakan stiker label produk yang menarik atau membuat dalam bentuk printing langsung pada kemasan tersebut. Apapun pilihannya harus dibuat dengan menarik dan dapat terbaca oleh konsumen. Informasi yang ada dalam kemasan jadi mudah terbaca juga.
4. Gunakan warna yang sesuai produk
Sebagai salah satu elemen dalam pembuatan desain standing pouch, pemilihan warna merupakan hal yang penting. Anda bisa memilih warna yang tepat sesuai dengan identitas brand.
Warna dalam kemasan dapat mempengaruhi psikologis orang yang melihat. Hal itu akan menentukan langkah selanjutnya apakah calon konsumen akan membeli atau melewatkan produk begitu saja
Pilihlah warna-warna yang cerah dan eyecatching agar siapa saja yang melihatnya tertarik untuk membeli produk. Jangan gunakan warna yang pucat karena akan membuat calon konsumen tidak tertarik. Perpaduan warna dengan desain yang unik akan membuat standing pouch tersebut memiliki nilai jual yang tinggi
5. Harga standing pouch yang terjangkau
Setelah menentukan keempat poin tersebut, langkah selanjutnya adalah memilih dan melihat harga standing pouch yang beredar di pasaran. Tentunya mulai dari ukuran dan jenis standing pouch akan menentukan besarah harga untuk setiap standing pouch yang Anda beli.
Harga standing pouch tersedia mulai lima ribu rupiah. Bahan yang digunakan hingga print full juga akan menentukan besaran harga standing pouch.
Anda dapat melihat info tentang harga dan keuntungan apa yang didapat dalam setiap print standing pouch DI SINI. Mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar dapat dicetak dengan bagus dan harga yang masih ramah di kantong. Yuk buruan!
Categories: Tips & Trick